spot_img

Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Simalungun, MISTAR.ID

Rapat Badan Anggaran DPRD Simalungun sepakat, pelaksanaan pemungutan suara pemilihan pangulu nagori (Pilpanag) dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023.

Sementara, tahapan persiapan pembentukan panitia pemilihan di tingkat kabupaten dimulai awal bulan Oktober 2022 mendatang.

Kesepakatan tersebut terungkap saat rapat Badan Anggaran (Banggar) di Pamatang Raya, Selasa (13/9/22).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Elias Barus didampingi unsur Wakil Ketua Samrin Girsang, dan Sastra Joyo Sirait.

Baca Juga:FPPR Desak Pilpanag Simalungun Segera Dilaksanakan

Hadir juga saat rapat badan anggaran, Sekretaris Daerah Esron Sinaga, Kepala Badan Pendapatan Frans N Saragih, Kepala DPMPN Jonni Saragih, Asisten I Sarimuda Purba, Asisten II Ramadhani Purba dan Asisten III Akmal Siregar.

Sebelum jadwal Pilpanag disepakati, terjadi perdebatan sengit terkait simulasi jadwal Pilpanag yang dibagikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN).

Di mana, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Gerindra Sastra Joyo Sirait bersikukuh agar Pilpanag dilaksanakan tahun ini juga.

“Kalau harus menyeberang menjadi tahun 2023, kami tidak setuju terhadap tahapan simulasi yang diajukan eksekutif. Itu komitmen kami,” sebut Sastra.

Baca Juga:Tunggu Pembahasan P-APBD 2022, Pilpanag Simalungun Terancam Gagal

Sementara, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PDI-P Samrin Girsang juga menyampaikan, bahwa masyarakat menginginkan Pilpanag dilaksanakan tahun ini.

Namun, pelaksanaan Pilpanag jadi “menyeberang” tahun depan meskipun tahapan Pilpanag direncanakan akan mulai tanggal 5 Oktober 2022 mendatang.

Menurutnya, sepertinya tidak ada niat pihak eksekutif untuk melaksanakan tahun ini. Karena dia sudah mengingatkan agar tahapan sudah dimulai pada bulan September, ternyata disimulasi yang dibagikan ternyata tahapan akan dimulai tanggal 5 Oktober.

“Oleh karenanya, saya mengaku kecewa pelaksanaan Pilpanag diseberangkan menjadi tahun 2023,” sebut Samrin.

Baca Juga:Terkait Pilpanag di Simalungun, Komisi I DPRD: Ditunda atau Dilaksanakan?

Sebelumnya, Kadis DPMPN Jonni Saragih di hadapan pimpinan dan anggota badan anggaran menjelaskan, alasan pihaknya memulai tahapan Pilpanag dilaksanakan mulai awal bulan Oktober 2022 dan pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023, dengan pertimbangan bahwa pembahasan P-APBD 2022 direncanakan selesai pada akhir bulan September.

Dinas DPMPN juga berkomitmen untuk dilaksanakannya Pilpanag.

“Oleh karenanya, kami harapkan badan anggaran untuk bersedia membahasnya,” sebut Jonni.

Dari draf yang disampaikan eksekutif, tahapan awal akan dilaksanakan pembentukan panitia pemilihan tingkat kabupaten oleh Bupati Simalungun tanggal 3-5 Oktober 2022, pemungutan suara 15 Maret 2022 dan pelantikan pada 4-10 Mei 2022.(roland/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: