32 C
Medan
Friday, July 1, 2022
spot_img

PN Siantar Peringkat Kedua Tertinggi Tingkat Keberhasilan Mediasi di Indonesia

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar peringkat kedua Pelaksanaan Mediasi dalam Kategori Pengadilan Kelas I B Peradilan Umum Tahun 2021.

Keberhasilan hakim mediator yang menyelesaikan sejumlah mediasi hingga menempatkan PN Siantar berada di jajaran atas peringkat pengadilan yang berhasil menyelesaikan banyak mediasi. Selain PN Siantar, ada PN Curup yang meraih peringkat pertama dan peringkat ketiga diperoleh PN Kabupaten Magelang di Mungkid.

Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar Derman P Nababan atas keberhasilan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Hakim Mediator yang mendamaikan para pihak melalui proses mediasi.

Baca Juga:Tahun 2020, Jumlah Sidang Tilang Turun di Pengadilan Negeri Siantar

“Atas kerja keras dan dedikasi mereka dalam mewujudkan asas peradilan yang cepat, sederhana dan berbiaya ringan, serta mengharumkan nama PN Pematangsiantar di kancah nasional,” kata Derman, Sabtu (21/8/21).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas penerapan kebijakan MA berdasarkan Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang prosedur mediasi di pengadilan. Menurutnya, ke depannya pengadilan di seluruh Indonesia semakin termotivasi dan berlomba-lomba untuk menerapkan penyelesaian perkara melalui mediasi.

“PN Pematangsiantar melalui para Hakim Mediator selalu mengedepankan penyelesaian sengketa melalui proses mediasi untuk memperoleh kesepakatan para pihak dalam penanganan perkara perdata,” sebutnya.

Baca Juga:Empat Pegawai Pengadilan Negeri Siantar Reaktif Covid-19

Penanganan perkara di pengadilan dilakukan sesuai asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan. “Mediasi bagian penting, karena para pihak yang bersengketa tidak perlu bersidang berlama-lama, mengeluarkan biaya perkara dan menempuh upaya hukum,” terangnya.

Sekadar diketahui, penghargaan yang dicapai PN Pematangsiantar diumumkan dalam Acara Penyerahan Anugerah Mahkamah Agung 2021, bertepatan di Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke 76 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2021 lalu.

Acara tersebut dilaksanakan di Museum Mahkamah Agung Republik Indonesia, yang diikuti seluruh pengadilan di Indonesia melalui zoom meeting dan dapat disaksikan secara live streaming pada kanal youtube Mahkamah Agung RI. (hamzah/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: