30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Pemko Siantar Akan Terapkan Presensi Online Via Aplikasi Fingersiantarman

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menunjukkan keseriusannya untuk meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN). Buktinya, saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pematang Siantar membuka Layanan Pengaduan untuk membantu para ASN dalam peng-instal-an dan pengoperasian aplikasi Fingersiantarman yang diunduh dari Play Store.

Seperti disampaikan Plt Kepala BKD Kota Pematang Siantar Timbul Simanjuntak melalui Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pembinaan Kepegawaian Prima Noviandi, ketika dikonfirmasi via aplikasi WA terkait layanan pengaduan yang dibuka di BKD, pada Selasa (2/8/22).

“Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang akuntabel, efektif, serta efisien dengan penerapan teknologi digital dalam sistem pemerintahan sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan maka Pemko Siantar akan menerapkan presensi/kehadiran online melalui aplikasi fingersiantarman yang dapat diunduh pada Play Store,” tuturnya.

Baca juga: PN Padangsidimpuan Luncurkan Aplikasi SIPINTER dan SEMPURNA

Aplikasi Fingersiantarman, kata Prima, merupakan kelanjutan dari Proyek Perubahan Sekretaris BKD Kota Pematang Siantar Heryanto Siddik pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) pada Tahun 2021.

“Penerapan aplikasi ini juga merupakan upaya Pemko Pematang Siantar untuk meningkatkan disiplin ASN untuk hadir pada jam dan hari kerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Perekaman kehadiran ASN dapat dilakukan dengan perekaman sidik jari dan perekaman wajah pada Hp Android yang memiliki fitur keamanan sidik jari dan wajah,” katanya.

Guna memaksimalkan penerapannya, kata Prima, saat ini BKD Kota Pematang Siantar terus mengupdate mapping area titik lokasi seluruh perangkat daerah dan sudah melakukan mapping area titik lokasi perangkat daerah sebanyak 33 titik lokasi, termasuk 132 titik lokasi untuk UPTD Puskesmas, Kelurahan, TK Pembina, SD, dan SMP Negeri Kota Pematang Siantar.

“Jadi, untuk membantu ASN di Lingkungan Pemko dalam peng-instal-an dan pengoperasian aplikasi Fingersiantarman, BKD Kota Pematang Siantar menyediakan Layanan Pengaduan setiap jam dan hari kerja mulai pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB pada hari Senin sampai Kamis, dan pukul 07.30 WIB sampai 16.30 WIB pada hari Jumat,” ungkapnya.

Baca juga: Disdik Sumut Akui Kelemahan Aplikasi PPDB Online

Pada akhirnya nanti, kata Prima, bila masa percobaan yang direncanakan selama sebulan ini bisa berjalan dengan baik, setelah semua ASN sudah ternotifikasi install, maka akan dibuatkan Surat Edaran dan Peraturan Wali Kota (Perwa)-nya. Prima juga menyebutkan bahwa untuk penerapannya nanti, BKD juga harus berkoordinasi dengan Diskominfo terkait server dan jaringan.

Sementara itu, Sekretaris BKD Heryanto Siddik menyebutkan bahwa proyek aplikasi Fingersiantarman adalah tuntutan era revolusi industri 4.0 dan juga sejalan dengan amanat Perpres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) maka transformasi digital di berbagai platform proses bisnis organisasi perangkat daerah adalah
keniscayaan.

“Dalam hal ini Pemko Pematang Siantar melalui Badan Kepegawaian Daerah atas petunjuk dan arahan Ibu Plt Wali Kota, Bapak Sekretaris Daerah dan Bapak Plt. Kepala Badan, sedang mentransformasi sistem presensi kehadiran ASN. Ke depannya digitalisasi yang dilaksanakan BKD akan merambah ke sektor-sektor pelayanan kepegawaian lainnya,” tuturnya.

Baca juga: Garda Region Sumut Sarankan Pemko Buat Aplikasi Lokal

Dan tentunya, kata Siddik, dalam proses ini sangat dibutuhkan masukan dan dukungan dari seluruh stakeholder, utamanya Dinas Kominfo maupun seluruh ASN di lingkungan Pemko Pematang Siantar.

“Untuk beberapa waktu ke depan BKD membuka desk layanan terkait presensi dimaksud. Tentunya hal ini diharapkan dapat mendongkrak performa kinerja pelayanan ASN yang akan bermuara pada terwujudnya Kota Pematang Siantar yang sehat, sejahtera dan berkualitas,” tutupnya. (ferry/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: