25 C
Medan
Wednesday, October 5, 2022
spot_img

Mantan Loper Koran dari Kota Siantar yang Punya Harta Rp28 Triliun

Jakarta,MISTAR.ID

Martua Sitorus merupakan pengusaha yang sukses. Ia merupakan salah satu orang terkaya Indonesia yang kekayaannya mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp28,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.200).

Siapa sangka, kehidupan Martua di masa kecil jauh berbeda dibanding sekarang. Saat kecil, Martua kerja keras demi bisa menyelesaikan pendidikan hingga bangku kuliah.

Segala upaya ia lakukan untuk menambah pendapatan keluarga. Bahkan, ia sampai berjualan udang dan jadi loper koran di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Baca Juga:Es Doger dan Cendol Jadi Inspirasi Menu Baru Sour Sally

Martua memang seorang yang gigih dan pantang menyerah. Berkat hal tersebut, ia mampu menamatkan kuliahnya di Universitas HKBP Nommensen di Medan. Usai menyelesaikan kuliah, Martua sempat bisnis kecil-kecilan. Dia sempat berdagang di Kota Medan.

Hingga akhirnya ia bertemu dengan Kuok Khoon Hong, pengusaha asal Malaysia. Dia lah yang menjadi rekan bisnis Martua yang membawanya menjadi pengusaha kelas kakap.

Pertemuannya dengan Kuok Khoon Hong atau William menghasilkan ide bisnis yakni pengolahan kelapa sawit pada tahun 1991. Perusahaan ini pun diberi nama Wilmar Internasional yang diambil dari gabungan nama depan mereka William dan Martua, Wil-Mar.

Baca Juga:Ini 5 Orang Lansia yang Menginspirasi dan Layak untuk Dikagumi

Wilmar mulanya mengelola 7.100 hektar kebun kelapa sawit. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini terus berkembang hingga mampu membangun pabrik sendiri untuk memproduksi minyak kelapa sawit. Bisnis itu pun tetap kokoh meski dihajar krisis.

Berkat Wilmar, Martua menjadi kaya raya seperti sekarang. Bahkan, bisnisnya merambah ke berbagai sektor. Seperti dikutip Forbes, Martua berada di posisi ke-12 orang terkaya di Indonesia di tahun 2020. Saat ini, kekayaannya mencapai US$ 2 miliar.

Ia tercatat memiliki bisnis perkebunan bersama saudaranya di bawah bendera Gama Corp. Bekerjasama dengan Grup Ciputra, Gama Land membangun proyek di Jakarta yang akan memiliki 15 tower apartemen dan kompleks perbelanjaan. Saudara-saudaranya juga memiliki investasi bersama di semen dan properti.(detik/hm01)

 

Related Articles

TRENDING NOW

Tenggang Waktu Berakhir, Ranperda P-APBD 2022 Dairi Resmi Tidak Dibahas Lagi

Sidikalang, MISTAR.ID Rancangan Peraturan Daerah(Ranperda) tentang perubahan anggaran pendapatan belanja daera(P-APBD) T.A 2022 Kabupaten Dairi resmi tidak dibahas karena tenggang waktunya sudah berakhir sesuai aturan...

Buntut Tragedi Kanjuruhan, PSSI Keluarkan 7 Poin Penting Bagi Klub Anggota

Medan, MISTAR.ID Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengeluarkan 7 poin penting yang ditujukkan kepada asosiasi Provinsi PSSI se-Indonesia, klub anggota PSSI se-Indonesia dan asosiasi anggota...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: