6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Latihan Kognitif, Dapat Meningkatkan Keterampilan Matematika Anak

Jakarta, MISTAR.ID

Matematika adalah ilmu pasti yang sangat berperan dalam memecahkan masalah. Berkat matematika, kita bisa mengerti kisaran harga belanja di pasar, hingga melatih logika dalam permainan seperti catur.

Banyak orangtua yang memaksakan anaknya untuk mengikuti les agar kemampuannya dalam mata pelajar di sekolah lebih baik.

Alih-alih mengharuskan anak untuk les matematika, dua peneliti Department of Neuroscience, Karolinska Institutet, Swedia, mengungkapkan cara lain.

Baca Juga: Bencana di Danau Toba, Pendidikan Karakter Penting untuk Pelihara Alam

Mereka adalah Nicholas Judd dan Klingberg. Dalam laporannya, meningkatkan kemampuan matematika Anak bisa dengan melatih kognitif atau ingatannya secara visual. Cara ini dapat dilanjutkan dengan latihan penalaran mereka.

Mereka menulis, latihan ingatan secara visual ini mendukung gagasan pelatihan kognisi spasial dalam masalah matematika. Kognisi spasial adalah cara untuk memahami dan mengingat hubungan dimensi di antara objek.

Sebuah studi baru dari Karolinska Institutet, Swedia, menunjukkan mempraktikkan latihan memori kerja visual dan tugas-tugas penalaran non-verbal lebih meningkatkan keterampilan matematika anak-anak.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, APKASI Audiensi dengan Pemkab Batu Bara

Latihan memori yang dimaksud misalnya, anak diminta untuk mengingat objek visual seperti mengingat urutan titik dalam sebuah bidang. Tingkat kesulitan latihan ini akan bertambah ketika ada lebih banyak item.

Temuan mendukung gagasan bahwa pelatihan kognisi spasial dapat meningkatkan kinerja akademis dan dalam hal matematika, jenis pelatihan tersebut penting.

Dalam studi yang terbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior ini, lebih dari 17.000 anak sekolah Swedia berusia enam hingga 8 tahun diminta untuk menyelesaikan latihan kognitif melalui aplikasi selama 20 atau 33 menit per hari dalam tujuh minggu.

Baca Juga: BEI Edukasi Pasar Modal Melalui 4 Inovasi Terobosan Baru 

Pada minggu pertama, anak-anak diberi latihan yang sama, setelah itu mereka secara acak dibagi menjadi lima kelompok dengan rencana latihan yang berbeda, lapor Medical Xpress.

Dalam semua kelompok, anak-anak menghabiskan sekitar setengah dari waktu total mereka untuk mengerjakan tugas garis bilangan matematika.

Sisa waktunya digunakan untuk melakukan latihan kognitif dalam bentuk tugas rotasi (rotasi mental 2D dan teka-teki tangram), tugas memori kerja visual atau tugas penalaran non-verbal.

Kemudian, peneliti menilai prestasi matematika semua anak pada minggu pertama, kelima, dan ketujuh.

Baca Juga: Catatan Bank Dunia Tentang Pendidikan Indonesia

Peneliti menemukan, semua kelompok meningkatkan kinerja matematika. Tetapi yang melakukan latihan penalaran memiliki dampak terbesar, diikuti dengan tugas memori kerja.

Namun, mereka mencatat bahwa ada beberapa keterbatasan dalam studi ini, termasuk kurangnya kelompok kontrol pasif yang memungkinkan estimasi ukuran efek absolut.

“Pelatihan tentang keterampilan tertentu adalah cara paling efektif untuk meningkatkan nilai anak. Penelitian kami menawarkan bukti bahwa latihan kognitif spasial mentransfer ke kemampuan akademis,” kata Torkel Klingberg, kepala ilmiah Cognition Matters.(suara/hm13)

 

Related Articles

Latest Articles