22.8 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran

Jakarta, MISTAR.ID

Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol di dalam darah mencapai angka lebih dari 200 mg/dL. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini akan memicu risiko yang bisa dibilang membahayakan tubuh, seperti hadirnya penyakit tekanan darah tinggi, jantung, hingga stroke.

Oleh karena itulah, para pekerja kantoran harus tahu bagaimana cara tepat menurunkan kolesterol untuk hidup yang lebih sehat.

Supaya bisa mengetahui berapa kadar kolesterol di dalam darah, kamu tentu harus rutin melakukan pengecekan, yaitu minimal setiap satu tahun sekali. Sekarang, melakukan pemeriksaan laboratorium sudah jauh lebih mudah.

Baca Juga:Dengar Musik Sambil Olahraga Mampu Menurunkan Berat Badan

Selain melakukan pengecekan rutin untuk mengetahui berapa kadar kolesterol dalam darah, kamu juga bisa menjalankan beberapa tips ini untuk membantu menurunkan kolesterol:

Meningkatkan Asupan Buah dan Sayur

Bukan tanpa alasan, buah dan sayur memiliki kandungan serat yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Setidaknya, agar kadar kolesterol dalam darah tetap berada di angka normal, kamu disarankan untuk konsumsi buah atau sayur sekitar 500 gram dalam sehari.

Meningkatkan Asupan Makanan Tinggi Omega-3

Tak hanya sayur dan buah dengan kandungan serat tinggi, meningkatkan asupan makanan dengan kandungan omega-3 tinggi juga bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Banyak sekali makanan kaya omega-3 yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran, seperti kacang kenari, ikan tuna, salmon, sarden dan makarel.

Baca Juga:Selama Pandemi Covid-19, Berjalan Adalah Olahraga Terbaik. Mengapa?

Meningkatkan Asupan Makanan Rendah Lemak

Kolesterol tinggi terjadi karena asupan lemak pada tubuh yang berlebihan. Jadi, supaya kolesterol kamu tidak melonjak, coba kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, terlebih lemak jahat, seperti yang terdapat pada gorengan dan makanan cepat saji.

Sebaliknya, pilihlah makanan dengan kandungan lemak rendah, contohnya tempe, tahu, susu rendah lemak, kacang, putih telur, ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak.

Baca Juga:Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja

Rutin Berolahraga

Tidak hanya menjaga pola makan, menjaga kadar kolesterol tetap stabil juga dilakukan dengan rutin berolahraga. Olahraga memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terlebih organ jantung.

Kamu tidak harus melakukan olahraga berat, cukup lakukan rutin selama 30 menit. Lari, jalan kaki, bersepeda, atau berenang bisa menjadi alternatif pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Tidak Merokok

Bukan tanpa alasan, merokok juga mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Merokok bisa menurunkan kadar kolesterol baik pada tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku. Akibatnya, risiko terkait penyakit jantung dan stroke pun akan semakin meningkat. (hldc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: