23.2 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja

Jakarta, MISTAR.ID

Hey… Jangan jadikan alasan anda sibuk bekerja sehingga tidak sempat berolahraga. Bahaya akan anda rasakan sendiri, seperti kram pada punggung karena terlalu banyak duduk, leher yang tegang, atau bahkan jari-jari yang menjadi kaku karena banyak mengetik.

Olahraga penting dilakukan untuk menjaga vitalitas tubuh dan melancarkan peredaran darah. Namun, kebanyakan pekerja kesulitan mendapat waktu yang tepat untuk berolahraga. Mereka biasanya memilih berolahraga dengan terburu-buru pada pagi hari sebelum bekerja, atau berolahraga pada malam hari dengan kelelahan yang telah terakumulasi.

Padahal sebenarnya olahraga pun bisa dilakukan sembari duduk di kantor lho.

Setelah melalui hari yang panjang dengan bekerja di kantor, rasa lelah pasti mendera. Bagaimana tidak? Selama delapan jam menghabiskan waktu untuk menganalisis, menatap layar komputer, berkomunikasi dengan klien, meyakinkan konsumen, atau berdiskusi dengan rekan kerja.

Baca juga: Studi Baru: Olah Raga Melindungi Anda Dari Komplikasi Mematikan Covid-19

Agenda yang sibuk membuat para pekerja kantoran tak sempat menyantap makan siang yang cukup. Perut pun menggeram, meminta agar makan malam dipercepat. Sayang, beberapa pekerja masih harus berolahraga sepulang dari kantor untuk memenuhi hak sehat tubuh.

Padahal sebenarnya, Anda tak perlu memaksaka diri untuk berolahraga sepulang dari kantor. Tak perlu memaksakan diri melakukannya karena ada olahraga yang bisa dilakukan sembari bekerja di depan meja.

Dilansir Huffington Post, inilah sepuluh cara rahasia untuk menggerakkan tubuh saat bekerja tanpa diketahui oleh atasan.

1. Terlihat tetap bekerja seperti biasa
Sambil duduk di kursi, lakukan peregangan pada kaki. Naikkan kaki dari lantai hingga lutut lurus sempurna dan otot-ototnya berkontraksi. Ulangi dan lakukan beberapa kali. Dengan pengulangan yang cukup serta tambahan beban dari sepatu, paha pun akan mengencang. Kabar baiknya, orang lain tidak akan tahu apa yang terjadi di bawah meja kerja Anda!

2. Memperindah kaki saat antre
Sedang dalam antrean mesin fotokopi? Jangan hanya berdiri diam dan lakukanlah gerakan olahraga curian. Naikkan jari-jari kaki Anda. Saat tak ada orang yang melihat, turun dan naikkan selama 30 kali. Jika ada rekan kerja yang memergoki, tahan posisi Anda. Jika rutin melakukan gerakan itu, betis akan semakin rupawan, juga terlihat ramping dan seksi ketika menggunakan sepatu hak tinggi.

3. Menegakkan punggung
Latihan menegakkan posisi punggung adalah olahraga yang paling efektif dilakukan saat Anda sedang mengenakan kardigan. Sembari mengetik laporan, jaga agar punggung tetap lurus, angkat lutut ke atas kursi, dan tahan hingga otot perut tak lagi dapat menahannya.

4. Berputar dengan kursi
Gerakan ini membutuhkan kursi putar dan hanya bisa dilakukan saat ruangan sedang kosong. Angkat kaki dan kemudian usahakan agar kursi berputar dengan melakukan gerakan menendang ke samping. Sentakkan kaki agar terjadi momentum yang tepat dan kursi bisa berputar. Perhatikan berapa putaran yang bisa Anda buat hingga tubuh lelah. Selain sehat, gerakan ini juga menyenangkan lho.

5. Pindah toilet
Dibanding berjalan sebentar untuk pergi ke toilet terdekat, cobalah untuk memilih toilet di lantai lain. Yang paling penting, jangan menggunakan lift atau perpindahan toilet tidak akan ada manfaatnya. Setiap tambahan tangga yang dilalui, semakin positif hasil yang didapat.

Baca juga: Masalah Tangan Kering: Ini Penyebab, Tips Perawatan dan Pencegahan

6. Peregangan tangan
Letakkan tangan di atas pangkuan, dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. Kemudian, geser sedikuit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari itu. Tarik sekuat mungkin tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Istirahat dan kemudian ulangi lagi. Latihan isometrik ini dapat memperkuat otot pada bahu, dada, bisep, dan trisep tanpa harus meninggalkan meja kerja.

7. Mendorong lengan
Tempatkan lengan di pangkuan dengan posisi kedua telapak tangan saling berciuman seperti berdoa. Kemudian, dorong kedua lengan secara bersamaan. Istirahat dan ulangi beberapa kali. Gerakan ini juga memberikan manfaat pada otot dada, bisep, dan trisep. Jika rutin melakukan gerakan ini, Anda mungkin tak lagi membutuhkan kartu anggota fitnes.

8. Berolahraga dengan memanfaatkan meja
Untuk mendapat manfaat lain dari olahraga isometrik, letakkan telapak di bawah meja dan tekan ke atas. Cara lain, Anda bisa meletakkan telapan di atas meja dan kemudian tekan ke bawah. Jika Anda mendapat memo pekerjaan tak menyenangkan, selipkan memo itu di telapak dan tekan untuk mendapat tambahan motivasi.

9. Mengencangkan otot gluteus
Sembari duduk, mengencangkan otot gluteus atau otot bokong tidak mustahil dilakukan. Caranya dengan menyilangkan sebelah kaki tanpa menimpa kaki di yang berada di bawah, kemudian tahan selama beberapa saat. Cara lain bisa dilakukan dengan menekan pantat sekuat mungkin. Meski demikian, jika rekan kerja di belakang Anda termasuk orang yang jeli, Anda harus lebih waspada.

10. Aktif saat istirahat makan
Akan banyak waktu yang tersisa saat istirahat makan siang. Dibanding membaca-baca buku atau majalah di ruangan, lebih baik gunakan 40 menit pertama untuk berjalan-jalan ke lingkungan sekitar gedung atau menjelajahi gedung. Kemudian, kembalilah ke kantor untuk makan siang sembari menikmati sisa waktu 20 menit. (detik/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: