26.7 C
Medan
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

Minuman Sehat yang Efektif Mengusir Rasa Kantuk

Jakarta, MISTAR.ID

Kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang efektif untuk mengusir kantuk. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsi minuman ini karena mungkin tidak suka dengan rasanya atau kondisi lambung yang tidak bisa menerima asupan kopi.

Meski begitu, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Tidak bisa minum kopi bukan berarti tidak ada jenis minuman lain yang bisa kamu konsumsi sebagai penggantinya untuk mengusir rasa kantuk. Ada minuman lain yang cukup efektif untuk membuat kamu terjaga sehingga tetap bisa produktif saat harus bekerja, berikut ini beberapa di antaranya.

Air Kelapa

Segar dan kaya antioksidan, inilah manfaat mengonsumsi air kelapa. Namun, tak banyak yang tahu kalau minuman ini juga bisa membantu mengusir kantuk! Bahkan, manfaatnya ternyata jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kopi.

Baca Juga:Merasa Lesu Tanda Anda Terlalu Banyak Makan Lemak, Kok Bisa?

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menuliskan, air kelapa memiliki efektivitas yang sama dengan minuman isotonik lain untuk membantu menghidrasi tubuh setelah beraktivitas. Tak hanya itu, minuman ini juga mengandung potasium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh sekaligus mengatur kendali sistem saraf.

Teh Hijau

Teh hijau juga bisa menjadi pengganti kopi yang cukup efektif untuk mengurangi rasa kantuk. Dibandingkan dengan kopi, teh akan melepaskan kafein ke dalam tubuh jauh lebih lambat, sehingga bisa membuat tubuh merasa rileks, santai dan lebih fokus.

Memang benar, kafein bisa membantu meningkatkan kewaspadaan seseorang baik dalam kondisi cukup atau kurang beristirahat, seperti yang disimpulkan oleh sebuah studi dalam Nutritional Neuroscience.

Baca Juga:Kurang Tidur, Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Namun, teh akan membantu kamu terhindar dari rasa gugup seperti yang banyak didapat ketika kamu mengonsumsi kopi, terlebih ketika kondisi tubuhmu memang cenderung sangat sensitif terhadap kafein. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan L-theanine, yaitu sejenis asam amino yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

Air Putih

Jenis minuman ini wajib kamu konsumsi setiap hari, bahkan sebaiknya asupannya tercukupi. Air putih telah terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain membantu menghidrasi tubuh, minuman ini juga ternyata bisa membantu mengurangi rasa kantuk saat kamu sedang beraktivitas. Mungkin kamu belum tahu kalau salah satu penyebab munculnya kantuk adalah tubuh yang mengalami dehidrasi.

Baca Juga:Haruskah Tidur Siang setelah Makan Siang? Begini Saran Ahli Gizi

Smoothies

Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi smoothies ketika sedang mengantuk tanpa harus khawatir akan kesehatan tubuh. Pasalnya, smoothies berasal dari campuran buah dan sayur yang sudah pasti terbukti menyehatkan untuk tubuh. Kamu bisa memilih buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sebagai bahan smoothies.

Jus Sayuran

Selain smoothies, kamu juga bisa mengonsumsi jus sayuran untuk melawan kantuk yang menyerang. Sayuran berdaun hijau seperti bayam bisa membantu menambah energi sehingga kamu pun bisa tetap semangat beraktivitas. Tak hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih mudah sekaligus melawan rasa lelah pada tubuh. (hldc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: