28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

Stunting Akibatkan Turunnya Kualitas SDM Generasi Penerus Bangsa

Batu Bara, MISTAR.ID

Dinas Perikanan bersama TP-PKK Kabupaten Batu Bara mengadakan lomba masak ikan karena mengandung banyak protein terutama untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak.

“Lomba masak  bertujuan memberikan informasi tentang kandungan gizi ikan untuk kesehatan dan kecerdasan anak,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir saat membuka lomba di halaman Kantor Dinas Perikanan, Lima Puluh Pesisir, Selasa (19/10/21).

Lomba masak yang kreatif dan inovatif disebutkan Ny Maya juga untuk memasyarakatkan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan).

Baca Juga:Cegah Stunting, Program Makanan Tambahan Diterapkan di Simalungun

“Apalagi Kabupaten Batu Bara memiliki sumber daya hasil laut yang sangat besar seperti ikan,” papar Ny Maya sembari menyebutkan lomba masak diikuti seluruh TP PKK kecamatan se-Kabupaten Batu Bara.

Dia mengatakan, stunting menjadi hal serius yang harus diantisipasi bersama. Karena stunting akan berakibat menurunnya kualitas SDM generasi penerus bangsa.

“Salah satu hal yang menyebabkan stunting pada anak ialah kurangnya asupan gizi yang seimbang. Ikan merupakan asupan makanan yang banyak mengandung protein tinggi dan asam lemak omega 3. Oleh karenanya, TP PKK mengadakan sosialisasi pencegahan stunting salah satunya dengan mengajak Gemarikan kepada masyarakat, khususnya ibu hamil dan anak-anak,” imbuhnya.

Baca Juga:Balita Stunting di Medan Turun dari 491 Jadi 393

Ketua TP PKK berharap melalui kegiatan lomba masak ikan dapat memotivasi masyarakat menciptakan kreasi-kreasi menu berbahan baku ikan.

Lomba masak ikan menghasilkan juara yaitu, juara 1 Kecamatan Tanjung Tiram yang menyajikan ikan gembung kukus pari yang disiram saus udang dan acar. Juara 2 diraih Kecamatan Lima Puluh dan juara 3 direbut Kecamatan Datuk Lima Puluh. (ebson/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: