Kwarcab Pramuka Deli Serdang dan Orari Lokal Gelar Jota-Joti 2020

Anggota Pramuka Deli Serdang melaksanakan kegiatan Jambore On The Air-Jamboree On The Internet (Jota-Joti) di SMKN 1 Tanjung Morawa, Sabtu (17/10/20).(f:ist/mistar)

Lubuk Pakam, MISTAR.ID

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Deli Serdang bekerjasama Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Lokal, Kabupaten Deli Serdang melaksanakan kegiatan Jambore On The Air-Jambore On The Internet (Jota-Joti).

Pelaksanaan Jota-Joti merupakan kegiatan rutin tiap tahun dari Kwarcab Pramuka dan Orari tersebut kali ini, digelar di SMK Negeri 1 Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (17/10/20).

Menurut Ketua Orari Lokal Kabupaten Deli Serdang (Orlok), M Aswin Arsyad dengan Call Sign (YB6JMM) menjelaskan, Jota-Joti dalam Bahasa Indonesia, Jambore di Udara-Jambore di Internet adalah kegiatan kepanduan digital terbesar dunia yang dikelola oleh WOSM yang berlangsung secara daring dan melalui udara.

“Kegiatan Kwarcab Pramuka Deli Serdang ini berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (17-18/10/20). Sedangkan untuk tingkat Internasional, kegiatan Jota Joti ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai dari Jumat (16/10/20) kemarin,” kata Aswin Arsyad disela kegiatan.

Baca juga: Camat Lubuk Pakam Manfaatkan Ban Bekas untuk Memperindah Kota

Dijelaskan Arsyad, tujuan pelaksanaan Jota-Joti ini untuk memperkenalkan radio kepada seluruh peserta. Sedangkan fungsinya, memudahkan anggota atau peserta untuk berkomunikasi dengan anggota Jambore Nasional dan internasional secara radio.

Karenanya, sebut Arsyad, Kwarcab Pramuka Deli Derdang meminta kepada pihak Orlok untuk membantu jalannya Jota-Joti kepada seluruh peserta anggota Pramuka, dengan cara menyediakan sarana alat bimbingan tata cara membangun stasiun.

Kemudian tata cara berkomunikasi kepada anggota dengan mempelajari sandi dan alat kepada seluruh anggota Pramuka. Sedangkan untuk memperkenalkan komunikasi lewat internet (Joti) kepada peserta anggota Pramuka oleh Elman Saragih.

“Pelaksanaan Jota-Joti ini tetap mengikuti protokol kesehatan. Seperti pakai masker dan cuci tangan,” papar Aswin Arsyad.

Baca juga: Maling Bunga Marak di Stabat, Taman Sekolah SDN Lubuk Dalam Jadi Korban, Tonton Videonya

Sebelumnya, Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Morawa, Usman Siregar disaksikan Wakil Kepala Sekolah, Manuntun Manurung dan Wakil Kepala Sekolah Mahyudin Siregar mengatakan, pihak sekolah hanya menyediakan lokasi dan tempat pelaksanaan Jota-Joti 2020. (rinaldi/hm07)