23.9 C
Medan
Friday, December 3, 2021
spot_img

Ketua Dekranasda Sumut Dorong Pelaku UMKM Gunakan Digitalisasi Pasarkan Produk

Toba, MISTAR.ID

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara Ny Nawal Lubis Edy Rahmayadi mendorong setiap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggunakan dunia digital dalam mempromosikan produk usaha, terutama pelaku UMKM di bidang kerajinan tradisional, sehingga dapat membuka pasar yang lebih luas lagi bahkan mendunia.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis pada sinergi kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan bidang manajemen usaha dekranas di Desa Wisata Meat, Kabupaten Toba, Selasa (5/10/21).

“Di tengah perkembangan teknologi yang pesat saat ini, masyarakat di luar Provinsi Sumatera Utara, bahkan mancanegara akan cepat mengenal segala produk unggulan kerajinan tradisional daerah ini, di mana Sumut telah memiliki beragam hasil kerajinan tradisional mulai dari wastra kain tradisional hingga ukiran kayu,” imbuh Nawal Lubis.

Baca Juga:Kementerian Koperasi UKM Bersinergi dengan Dekranas Toba, Manfaatkan Digital Pasarkan Setiap Usaha

Dia juga menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Dekranas pusat dan daerah dengan berbagai kegiatan.

Di antaranya pelatihan e-commerce bagi usaha mikro di sektor pariwisata dan rumahan, pelatihan marketing, pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan organisasi dan usaha koperasi, bimbingan teknis peningkatan kewirausahaan, webinar membangkitkan inovasi wastra tenun, serta temu mitra.

“Kegiatan ini punya arti yang sangat besar dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di Sumut, juga meningkatkan kualitas pelaku UMKM dan produktivitas usaha masyarakat di kawasan Danau Toba dan sekitarnya untuk tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Nawal Lubis.

Baca Juga:Ketua Fraksi PDIP Sebut CSR Bank Sumut ke Dekranasda Menyalahi Ketentuan

UMKM, sebut dia, membutuhkan dukungan pemerintah mulai dari pendampingan permodalan, fasilitas usaha hingga peningkatan akses pasar.

“Untuk itu, diharapkan kiranya kementerian terkait agar selalu memberikan perhatian dan fasilitas bagi pelaku UMKM. Sehingga dapat memacu semangat pengrajin untuk terus berkarya dan berusaha untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga:Dekranasda Kota Medan Apresiasi Fashion Show Inkubasi Desain Mode dan Produksi Baju Siap Pakai

Ketua Bidang Manajemen Dekranas Ny Suzana Teten Masduki menyampaikan, pandemi Covid-19 telah membuka mata semua orang bahwa digitalisasi sangat penting. Untuk itu, dia juga meminta agar para pelaku UMKM memanfaatkan dunia digital seluas-luasnya.

Sementara itu, Bupati Toba Poltak Sitorus mengharapkan berbagai kegiatan pelatihan yang diadakan di Desa Meat, dapat membantu meningkatkan kapasitas pelaku UMKM. Apalagi lokasi tersebut merupakan pusat kerajinan ulos yang merupakan produk unggulan di kawasan Toba. (james/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: