Inalum Inisiasi Konservasi Lingkungan Danau Toba

PT Inalum, Perum Jasa Tirta 1 bersama Pemkab Toba, tanda tangani kesepakatan pelestarian lingkungan Danau Toba.(f: james/mistar)

Toba, MISTAR.ID

PT Inalum (Persero) menginisiasi konservasi lingkungan sekitar Danau Toba yang merupakan salah satu dari rangkaian Program Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PJPSDA) bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta 1.

Komitmen perusahaan plat merah Inalum, yang bergerak dibidang peleburan aluminium, bertujuan untuk melestarikan lingkungan Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba, yang dibuktikan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara PT Indonesia Asahan Aluminium ( Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemerintah Kabupaten Toba perihal Kegiatan Konservasi Danau Toba, bertempat di Aula Kantor Bupati Toba pada 2 Juni 2021 lalu.

Dalam acara tersebut, dihadiri langsung Bupati Toba Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, sejumlah Pimpinan OPD, Rainaldy Harahap selaku Kepala Direktorat Operasi dan Produksi PT Inalum, Gok Ari Joso Simamora selaku Direktur Operasional Perum Jasa Tirta 1 serta lembaga dan instansi lainnya.

Baca Juga: Penanganan Kasus Penjualan Sedimen Pasir Oleh Oknum Karyawan Perum Jasa Tirta I Dipertanyakan

Dalam sambutannya, Bupati Toba mengatakan bahwa penandatanganan kesepakatan bersama antara Inalum, Perum Jasa Tirta 1 dan Pemkab Toba, sangat diperlukan untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Toba, khususnya terkait pelestarian alam dan lingkungan.

Disamping itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepedulian Inalum terhadap lingkungan secara khusus dalam hal konservasi Daerah Tangkapan Air Danau Toba, dia juga berharap semoga kerjasama ini terlaksana dengan baik, tidak hanya di Toba namun juga di kabupaten lainnya sekitar Danau Toba, harapnya.

Kepala Direktorat Operasi dan Produksi Inalum Rainaldy Harahap, dalam sambutannya mengatakan bahwa Inalum dan Perum Jasa Tirta 1 sebagai BUMN tetap fokus terhadap kelestarian Danau Toba, secara khusus terhadap lahan-lahan kritis di DTA Danau Toba. Kelestarian Danau Toba yang merupakan rahmat bagi kita sangat penting, karena disamping untuk menjaga kondisi debit air yang mendukung kelancaran operasional Inalum, juga untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: PT Inalum Peduli, Bantu Korban Banjir dan Tanah Longsor di Parapat

Dalam kegiatan konservasi di Kabupaten Toba, Inalum bersama dengan Perum Jasa Tirta 1 untuk kesuksesan dalam hal eksekusi penanaman dan perawatan tanaman memerlukan dukungan dari Pemkab Toba, disamping itu juga kami mengajak semua pihak disekitar Danau Toba untuk ikut serta melestarikan lingkungan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas yang kita cintai dan banggakan ini, pungkas Rainaldy Harahap dalam sambutannya.

Informasi yang dihimpun, bahwa kegiatan konservasi Inalum dan Perum Jasa Tirta 1 di Kabupaten Toba direncanakan seluas 250 hektar atau 100.000 pohon dengan ” Pola Tanam Rawat” yakni pohon yang ditanam akan dirawat selama 2 tahun sampai tanaman dimaksud, benar-benar tumbuh. Sejak tahun 2015 hingga 2020, kegiatan konservasi lingkungan sekitar Danau Toba yang dilakukan Inalum bekerjasama dengan beberapa pihak terkait, sudah mencapai 750 hektar.(James/hm13)