Ikan Tayu-tayu Resahkan Nelayan Danau Toba

Keberadaan ikan Tayu-tayu di Danau Toba membuat nelayan resah.(f: james/mistar)

Toba, MISTAR.ID

Di Kabupaten Toba namanya disebut ikan Tayu-tayu, sedangkan didaerah Samosir namanya disebut ikan lohan merah. Jenis ikan ini, sudah membuat nelayan resah dan gerah sejak ikan itu berkembang di perairan Danau Toba sekira dua tahun lalu.

Bagaimana tidak, ikan Tayu-tayu atau Lohan Merah yang mirip ikan nila berwarna merah ini, diduga jenis pemangsa atau predator terhadap ikan lainnya.

Untuk diketahui, selama ini ikan yang berkembang biak di perairan Danau Toba yakni, ikan mas, nila, mujahir,lele, gabus, pora-pora secara umum.

Baca JUga: Promosikan Danau Toba, Kampung Tiga Rihit Buka 15 Homestay

Keresahan dan kegeraman atas keberadaan ikan Tayu-tayu atau Lohan Merah ini, disampaikan sejumlah nelayan warga Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba.

Salah satunya, Mei Tambunan yang kesehariannya meraup rejeki di perairan Danau Toba, kepada Harian Mistar, Kamis (10/6/21).

“Ikan Tayu-tayu ini sangat buas, bahkan pada saat ditelisik dari isi perut ikan itu, ditemukan bibit ikan nila, ikan mas dan ikan lainnya yang dimangsanya, ” kata Mei.

Baca Juga: Ketua AMPI  Sumut, Tabur 25.000 Benih Ikan Nila di Danau Toba

“Ikan Tayu-tayu ini jelas sangat menggangu perkembangbiakan ikan khas yang selama ini menjadi kekayaan ekosistem di Danau Toba,” ujar Mei kesal.

Kekesalan yang sama juga disampaikan Parmin Simangunsong dan nelayan lain.

“Disamping rasa ikan Tayu-tayu yang kurang enak, harga pasarnya pun anjlok, cuman 3 hingga 5 ribu rupiah saja per kilonya,” ungkap Parmin Simangunsong.

Bagaimana bisa membutuhi keluarga dengan harga segitu?,  namun kami sebagai nelayan hanya dapat bersabar saja, kata Parmin dengan rasa kesal pada raut wajahnya.

Baca Juga: Bencana di Danau Toba, Pendidikan Karakter Penting untuk Pelihara Alam

“Pastinya kami sangat gerah dengan keberadaan ikan ini yang juga perkembang biakannya sangat cepat, kami masih mencari cara agar ikan ini dapat dibasmi dari perairan Danau Toba” tandas kedua nelayan itu.

Informasi yang dihimpun, asal usul siapa yang menabur dan membibitkan jenis ikan Tayu-tayu ini, tidak diketahui secara pasti.

Semoga pemerintah memberikan perhatian untuk membantu kami membasmi jenis ikan ini, sehingga ikan khas yang selama ini hidup dan berkembang biak diperairan Danau Toba misalnya, nila, mujahir, ikan mas, lele, gabus dan lainnya agar tidak punah.(James/hm13)