25 C
Medan
Tuesday, November 30, 2021
spot_img

Diduga Sarat Kepentingan Pilkades, Sejumlah Warga Penerima BPNT Resah Terancam Diganti 

Sidikalang,MISTAR.ID

Puluhan warga Desa Sosor Lontung Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi penerima bantuan pangan non tunai(BPNT) dari pemerintah mengaku resah karena diganti atau dialihkan.

Keresahan warga itu disampaikan sebanyak 34 orang secara berkumpul di dusun VIII Desa Sosor Lontung Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi Sumatera Utara, Selasa (19/10/21).

Menurut sejumlah warga, mereka merasa resah dan kaget setelah mendengar dan mendapat kabar adanya ancaman pergantian atau pengalihan penerima BPNT di Desa Sosor Lontung yang dilakukan Kepala Desa. Mereka nilai alasan dan momen penggantian tersebut tidak tepat karena menjelang pemilihan kepala desa .

Baca juga:Surat Persetujuan PTM Wajib Pakai Materai Rp10 Ribu di Dairi Dikeluhkan Orangtua Siswa

Selain alasan dugaan kepentingan pemilihan kepala desa, Kepala Desa Sosor Lontung dinilai semena mena melakukan pengalihan penerima BPNT. Warga juga merasa difitnah kepala desa karena menyebabkan berita hoax atas dasar pergantian penerima BPNT itu, dengan alasan sejumlah warga ada menolak bantuan BPNT. Namun tidak ada pemberitahuan pengalihan itu dari desa sebelumnya.

Ironisnya sejumlah warga yang hendak diganti atau dialihkan itu masih sangat layak sebagai penerima BPNT, karena diantaranya warga tersebut ada status janda, penyandang disabilitas dan memang benar-benar warga kurang mampu.

Kepala Desa dinilai sadis, sebab sejumlah calon pengganti penerima BPNT dimaksud merupakan warga mampu yang sudah memiliki mobil dan usaha bengkel, sesuai data yang diperoleh warga yang hendak diganti.

Warga juga menilai Kepala Desa Sosor Lontung terhadap penerima BPNT sarat KKN dikarenakan warga penerima BPNT di desa itu rata-rata perangkat desa dan keluarganya.

Baca juga:Surat Persetujuan PTM Wajib Pakai Materai Rp10 Ribu di Dairi Dikeluhkan Orangtua Siswa

Selain sarat KKN alokasi penerima BPNT, Kepala Desa juga disinyalir melalakukan nepotisme terhadap alokasi bantuan bedah rumah yang juga didominasi perangkat desa dan keluarganya.

Kepala Desa Sosor Lontung Budi Simanullang saat dihubungi wartawan di Kantornya, Selasa (19/10/21) membantah kabar pergantian atau pengalihan sejumlah warga penerima BPNT itu tidak berkaitan dengan kepentingan pemilihan kepala desa .

“Saya tidak punya hak untuk menggatikan atau mengalihkan penerima BPNT terhadap warga saya, juga tidak berkaitan kepentingan pemilihan kepala desa,” kata Budi.

Baca juga:Ibu dan Anak Perempuan Diserang Pria Pakai Parang Panjang di Perladangan Parbuluan Dairi

Namun Kepala Desa Budi Simanullang mengakui dirinya ada melakukan pengusulan pergantian dan pengalihan warga penerima BPNT ke Dinas Sosial Kabupaten Dairi.

“Karena sudah 7 tahun itu-itu saja penerimanya,” sambung Budi.

Sebelumnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dairi membenarkan sebanyak 106 desa di Kabupaten Dairi akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Pilkades serantak pada 25 Nopember 2021 mendatang diantaranya Desa Sosor Lontung .(manru/hm06)

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: