17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Bergulirnya Liga 1 2020 Berdampak Baik Bagi Pelaku Sepakbola

Jakarta, MISTAR.ID

Gelandang Bhayangkara FC, Teuku Muhammad (T.M) Ichsan, mengaku bahwa dilanjutkannya Liga 1 2020 pada Oktober mendatang, oleh Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) berdampak baik bagi pelaku sepakbola.

Ia juga memuji keputusan Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) yang melanjutkan Liga 1 2020 tersebut.

“Keputusan yang baik (liga dilanjut) karena kita semua tahu, banyak pemain bola yang hanya bergantung dari sepak bola. Tentu dengan protokol kesehatan ketat,” kata dia mengutip laman Bhayangkara FC, Kamis (9/7/20).

Pemain asal Aceh ini berpendapat banyak pesepakbola yang hanya menggantungkan hidup dari gajinya sebagai pemain sepakbola.

Baca juga: Ketum PSSI Sebut Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Adalah Golden Moment

Sebagai informasi, PSSI pada pertengahan Maret 2020 menghentikan semua kompetisi (Liga 1, Liga 2 dan Liga 3) karena pandemi virus corona. Kemudian pada 29 Juni 2020, PSSI mengeluarkan surat keputusan untuk melanjutkan semua kompetisi pada Oktober mendatang.

“Kalau dari pribadi saya itu sangat penting dalam sepakbola, agar tidak terjadi apa yang tidak kita inginkan,” lanjut dia.

Gelandang Bhayangkara FC asal Brasil, Renan Silva, juga antusias dengan kelanjutan Liga 1 2020. Ia menilai, kelanjutan kompetisi akan memberikan hiburan untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Namun, ia menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang ketat selama laga Liga 1 mendatang. PSSI dan klub, kata Renan, tidak boleh pandang bulu menerapkan aturan agar semua orang bisa menjalani pertandingan dengan nyaman.

Baca juga: Lanjutkan Kompetisi Liga 1 2020, Persebaya dan PSSI Beda Pendapat

“Saya pikir Oktober adalah waktu yang tepat untuk lanjut dengan semua protokol kesehatan dan keselamatan. Saya tidak khawatir karena saya yakin klub, federasi, dan dokter akan melakukan yang terbaik untuk melindungi semua orang dengan protokol,” tuturnya.

Renan mengusulkan agar kompetisi digelar tanpa penonton. Dia menceritakan, di negara asalnya, Brasil, kompetisi sudah kembali dilanjutkan meski peningkatan kasus virus corona sangat tinggi.

Bhayangkara FC sebelum Liga 1 dihentikan selau bermain imbang dari tiga laga mereka. The Guardian julukan Bhayangkara FC baru mengumpulkan 3 poin dan berada di posisi ke-11 klasemen.(okzn/hm07)

Related Articles

Latest Articles