10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Joan Mir Sebut di Rumah Saja Usai GP Teruel, Ini Pemicunya

Alcaniz, MISTAR.ID

Pebalap Tim Suzuki Ecstar Joan Mir, takut dengan Peningkatan kasus positif Covid-19 tengah melanda sejumlah negara di Eropa. Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2020 itu memilih di rumah saja hingga pekan balapan berikutnya di Valencia.

Paddock MotoGP tidak terhindar dari paparan virus Corona. Salah satu contohnya adalah Valentino Rossi yang dinyatakan positif Covid-19 pada 15 Oktober 2020. Pembalap asal Italia itu lantas absen pada dua seri balapan di Sirkuit Motorland Aragon.

Tidak balapan pada dua seri beruntun menyebabkan peluang juara Valentino Rossi musnah. Ia kini tertinggal 79 angka dari Joan Mir dengan tiga seri tersisa. Hal itu tentu saja memicu kekhawatiran bagi sang pemuncak klasemen.

Kendati memimpin, Joan Mir hanya unggul 14 angka saja dari Fabio Quartararo. Andai absen pada dua seri di Valencia akibat Covid-19, maka posisinya bisa terjungkal. Karena itu, pebalap berusia 23 tahun tersebut memilih tetap tinggal di Andorra sampai tiba pekan balapan GP Eropa 2020.

Baca juga: Marquez Berambisi Raih Podium Seri Keempat Balapan Virtual MotoGP

“Saya sangat khawatir karena (penyebaran) virus ini sulit dikontrol. Setelah balapan ini, saya akan pulang ke rumah,” tutur Joan Mir, sebagaimana dilansir dari Corse di Moto, Selasa (27/10/20).

“Saya tidak mau keluar rumah. Ini adalah situasi yang sulit untuk semua orang,” tegas pebalap bernomor motor 36 tersebut.

Lazimnya, para pebalap memang pulang ke kediaman masing-masing usai balapan. Meski berkebangsaan Spanyol, Joan Mir memilih tinggal di Andorra. Negara yang terletak di perbatasan antara Spanyol dan Prancis itu memang menjadi tempat tinggal sejumlah pebalap MotoGP.

Kepulangan para pebalap ke rumah usai lomba memunculkan kekhawatiran tersendiri dari IRTA dan Dorna Sports. Berkaca pada kasus Valentino Rossi, semua pebalap diminta untuk tidak pulang ke rumah jika ada dua balapan dengan jeda waktu sepekan.

Baca juga: Dua Pembalap Suzuki Berhasil Menyabet Podium Ketiga MotoGP Aragon 2020

“Kami sangat marah karena beberapa pebalap memilih pulang ke rumah di antara dua pekan balapan di Aragon. Sesuai protokol untuk dua balapan beruntun, kami meminta Anda untuk menetap di gelembung, yaitu sirkuit dan hotel,” ujar CEO IRTA Mike Trimby, dikutip dari Tutto Motori Web.(okzn/hm07)

Related Articles

Latest Articles