6.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

6 Atlet dan 2 Wasit Asal Siantar Diberangkatkan Ikuti PON ke XX Papua

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebanyak 6 orang atlet dari berbagai cabang olahraga (Cabor) Kota Pematangsiantar, yang ikut bertanding pada PON ke XX Papua Tahun 2020.

Para atlet itu bergabung bersama kontingen atlet Sumatera Utara. Adapun
Keenam atlet itu mewakili cabang olah raga volley, sepakbola, biliard dan futsal. Mereka turut serta dalam PON ke XX Papua kali ini, setelah lulus seleksi daerah (selekda) dan mengikuti pelatihan daerah (pelatda)  Sumut.

Adapun identitas keenam atlet itu yakni, Muhammad Azhari Parapat bergabung di tim sepakbola Sumut. Kemudian, Calistein Lucky Putra Saragih dan Irvan Agustinus Sitimorang, keduanya merupakan atlet futsal.

Sementara itu, Punguan Hasiholan Sihombing untuk cabang olahraga biliard, serta Rudiyanto dan Muhammad Faisal, keduanya bergabung di Tim Volley Sumut.

Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Siantar, Jayadi Sagala mengatakan, untuk atlet biliar, Punguan Hasiholan Sihombing, diharapkan mampu meraih target medali emas pada PON ke XX Papua Tahun 2020 yang telah dimulai sejak 2 September 2021 lalu, dan akan berakhir pada 15 Oktober 2021 mendatang.

Baca juga: Enam Atlet Siantar Siap Berlaga di PON XX Papua

“Punguan Sihombing ditargetkan dapat emas pada PON kali ini. Itu target dari pelatih. Jam terbangnya sudah tinggi di cabang olahraga biliar,” ucap Jayadi Sagala, Selasa (21/9/21).

Target itu, sebut Jayadi, ditetapkan oleh Pengda Biliard. Sebab, Punguan Hasiholan Sihombing merupakan atlet yang sudah banyak berprestasi di tingkat daerah. Seperti juara di Porwil Sumatera, Pordasu maupun Porprovsu.

Selain 6 Atlet, Dua Wasit PON ke XX Papua, Berasal Dari Kota Siantar

Dikatakan Jayadi, Punguan juga tidak jarang mengikuti kejuaraan dan pelatihan internasional. Seperti ke negara China dan Singapura. “Jadi kami harap, warga Kota Siantar berdoa untuk Punguan, agar medali emas PON Papua dapat diraih,” pinta Jayadi Sagala.

Dijelaskan Jayadi, selain 6 atlet, dua wasit PON ke XX Papua, juga berasal dari Kota Siantar.

Kedua wasit itu, Dortua Jandri Hutapea (36 tahun) yang akan berangkat ke Papua pada 4 Oktober 2021 mendatang, untuk memimpin pertandingan gulat.

Di Kota Siantar, Dortua sehari-hari beraktivitas sebagai guru olahraga di SMA Pelita dan SD Negeri 122391 di Jalan Manunggal Karya. Ia juga merupakan mantan atlet gulat, serta aktif sebagai pelatih.

Dortua Jandri Hutapea, juga sudah pernah menjadi wasit gulat pada Kejurdasu, Porwil, Porprovsu dan event lainnya.

baca juga:Jelang PON 2025, KONI Minta Perbaikan Gedung GOR Siantar Segera Diselesaikan

Kemudian wasit tinju, Binsar Purba. Pria 45 tahun ini akan berangkat ke Papua pada 29 September 2021 nanti, untuk memimpin pertandingan tinju amatir pada PON ke XX Papua Tahun 2020.

Sehari-hari, Binsar Purba merupakan karyawan biasa di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirtauli Kota Siantar. Selain aktif sebagai wasit tinju, Binsar juga seorang pelatih tinju.

Binsar yang merupakan mantan atlet tinju ini, selain sudah beberapa kali memimpin pertandingan pada sejumlah Kejurdasu, Pordasu dan Porwil Sumatera, ia juga pernah menjadi wasit Pra PON di Ternate, Maluku Utara, Pelatnas dan lainnya. (hamzah/mistar)

Related Articles

Latest Articles