30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

WCD 2022, Siswa SMKN 1 Siantar Bersihkan Sampah di Sekolah dan Rumah Ibadah

Simalungun, MISTAR.ID

Memperingati hari bersih-bersih sedunia atau di kenal dengan World Cleanup Day (WCD) 2022, kegiatan bersih-bersih dan pengumpulan sampah melibatkan masyarakat dan pelajar digelar di sejumlah tempat.

Salah satunya adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Siantar, Kabupaten Simalungun, turut berpartisipasi dalam aksi kerja bakti dengan membersihkan sampah di lingkungan sekolah serta rumah-rumah ibadah, Jumat (23/9/22).

Kepala SMK Negeri 1 Siantar M Syahrizal Damanik melalui staf humasnya Joli Saltaro Sitanggang mengatakan, sesuai arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Asren Nasution melalui Cabang Dinas (Cabdis) Siantar, SMKN 1 Siantar melakukan kegiatan memperingati WCD.

Baca Juga:SMKN 1 Siantar Menang Telak 4-1 Atas SMAN 1 Ujung Padang di Edy Rahmayadi Cup

“Aksi memperingati WCD 2022 yang dilaksanakan siswa SMKN 1 Siantar yaitu melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan sampah pada lingkungan sekolah serta rumah-rumah ibadah di sekitar lokasi sekolah,” ujar Joli.

Ia menilai aksi para siswa membersihkan lingkungan sekolah ini sangat positif. Menurutnya aksi peduli lingkungan ini mengandung pembelajaran ke dalam juga ke luar. Bukan karena adanya WCD saja, pada hari-hari tertentu seperti setiap Jumat, SMKN 1 Siantar juga melakukan Jumat bersih.

“Jadi melatih kepekaan siswa dalam upaya melestarikan lingkungan. Melatih kemauan untuk turun aksi langsung. Sementara pembelajaran ke luar bagi masyarakat yang melihat, ini bisa menginspirasi,” katanya.

Baca Juga:SMKN 1 Siantar Wajibkan Scan Aplikasi PeduliLindungi

Joli berharap dengan kegiatan ini menjadi agenda rutin sekolah. Manfaatnya dapat menanamkan jiwa kepedulian para siswa terhadap kebersihan lingkungan.

“Semoga aksi bersih sampah kali ini dapat terus berlangsung rutin dan memberi dampak, tidak hanya di lingkungan sekolah tapi tempat lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pdt Risen R Parhusip sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan yang dilakukan para siswa SMKN 1 Siantar di sekitar lokasi Gereja HKBP Siantar Baru. Selain terlihat bersih, hal ini juga mencegah dan memberantas penyakit DBD yang akhir-akhir ini semakin marak.

Baca Juga:Cegah Penyebaran Covid-19, Guru dan Pelajar SMKN 1 Siantar Divaksin Booster

“Terima kasih kepada siswa SMKN 1 Siantar telah memberikan dukungan kebersihan di tempat kami dan ini menjadi tiruan, di mana kita punya wilayah semua bersih,” ucap pimpinan Gereja HKBP Resort Siantar Baru tersebut.

Terpisah, ucapan terima kasih juga disampaikan marbot atau pengurus Mesjid Nurul Islam, Irwansyah. Di mana siswa SMKN 1 Siantar telah turut serta dalam aksi peduli lingkungan melalui kegiatan bersih-bersih baik yang di dalam dan luar mesjid.

Dia berharap kegiatan bersih-bersih ini akan memberi dampak positif terhadap perubahan pola pikir dan pola tindak kepada masyarakat khususnya para pelajar tentang arti pentingnya menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal agar tetap bersih, nyaman saat sekarang dan mendatang. (yetty/hm14)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Dugaan Pidana PBB Kadaluarsa, Polres Siantar Akan Panggil KPP Pratama

Pematang Siantar, MISTAR.ID Adanya dugaan tindak pidana dalam penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kadaluarsa yang dilakukan pihak Pemko Pematang Siantar ternyata masih ditindaklanjuti penyidik...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: