29 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

Bupati Simalungun Berkomitmen Laksanakan Pilpanag

Simalungun, MISTAR.ID

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melalui Sekretaris Daerah Esron Sinaga menyampaikan Nota Jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi tentang Ranperda P-APBD TA 2022, di ruang paripurna DPRD setempat, Jumat (23/9/22) sore.

Dalam jawaban tersebut, Pemkab Simalungun menanggapi dan menjawab beberapa hal yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD Simalungun. Salah satu yang ditanggai bupati yakni soal pelaksanaan Pilpanag. Dalam jawaban tersebut, Bupati Radiapoh berkomitmen melaksanakan Pilpanag.

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan mempersiapkan penyusunan buku panduan petunjuk teknis pelaksanaan Pilpanag. Pemkab sesegera mungkin akan membentuk panitia pemilihan pangulu serentak tahun 2022/2023 sebanyak 248 nagori tingkat kabupaten. Kemudian bupati akan mengeluarkan surat keputusan tentang tahapan Pilpanag yang akan dilaksanakan.

Baca Juga:Bupati Simalungun: Tidak Ada Kepentingan Saya dalam Penundaan Pilpanag

Selain Pilpanag, Bupati dalam jawabannya juga akan berkomitmen meningkatkan PAD Simalungun dengan menyosialisasikan wajib pajak dan mendistribusikan tapping box di Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, mengatasi kekurangan guru seperti yang dipertanyakan oleh salah satu fraksi, Bupati menjawab pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mengambil solusi. Seperti diketahui, bahwa Pemerintah Pusat lah yang menentukan formasi CPNS/PPPK.

Soal kerusakan infrastruktur di Simalungun akibat curah hujan tinggi, Bupati menjawab akan menanggulangi hal tersebut melalui Dinas PU dengan melakukan tindakan penanganan sementara dengan menurunkan alat berat untuk pembuangan tanah longsoran. Untuk perbaikan permanen selanjutnya akan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah melalui anggaran BTT.

Baca Juga:Pilpanag Tertunda, Gerinda Tolak Nota Kesepakatan KUA PPAS P-APBD TA 2022 Simalungun

Di akhir jawaban, Bupati Simalungun mengucapkan terima kasih dan berharap jawaban yang disampaikannya bisa menambah data dan informasi bagi DPRD Simalungun untuk pembahasan selanjutnya.

Pimpinan rapat, yakni Wakil Ketua DPRD Simalungun Elias Barus di penutup rapat berpesan agar pimpinan OPD dan jajarannya bisa bekerja sama dengan komisi-komisi dalam melanjutkan pembahasan P-APBD dalam rapat komisi yang akan berlangsung pada Senin depan hingga 4 hari ke depan.

“Kita harap kerja sama dari jajaran OPD untuk melakukan pembahasan di komisi-komisi agar pembahasan bisa berjalan lancar,” tutup Elias. (roland/hm14)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Gernas PIP di Siantar, Kepala Daerah yang Tak Bisa Kendalikan Inflasi...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Menyadari kondisi dunia yang sedang tidak baik akibat ancaman stagflasi, Presiden Jokowi di berbagai kesempatan, di antaranya saat Rakornas Pengendalian Inflasi bulan...
MotoGP akan Balapan di India Mulai 2023

MotoGP akan Balapan di India Mulai 2023

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: