30.6 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

Warga Siantar Bisa Swab Tes Gratis di Puskesmas, Ini Syaratnya

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota Pematangsiantar tidak ingin masyarakat terbebani lagi. Untuk itu, dalam melakukan pemeriksaan spesimen, telah menyediakan swab antigen gratis yang dilaksanakan setiap hari di fasilitas kesehatan (faskes) yakni puskesmas milik pemerintah.

Hal ini merupakan solusi terbaik yang dapat diupayakan dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19. Sehingga Pemerintah tidak kembali memperpanjang masa pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 untuk Kota Pematangsiantar.

Salah satu Kepala Puskesmas (Kapus) yakni Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kartini, Zakia Husna Nasution mengatakan bahwa warga Kota Pematangsiantar, bisa mendapatkan swab antigen secara gratis di puskesmas wilayah tempat tinggal masing-masing.

Baca juga: Jangan Main-main, Rektor USU: Pemeriksaan Swab Gratis!

“Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Kesehatan menginstruksikan Puskesmas untuk memberikan pelayanan dan penanganan Covid-19 gratis untuk melakukan pemeriksaan spesimen,”ujarnya pada mistar.id, Sabtu (20/8/21).

“Selain dikhususkan bagi orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19, syarat lainnya sebelum menjalani swab gratis di puskesmas adalah mengisi formulir, membawa surat domisili atau kartu identitas seperti KTP,”kata Zakia Husna Nasution.

Dia menjelaskan, bahwa pelayanan dilakukan setiap hari, terutama dimasa pelaksanaan pemberlakuan PPKM level 4 sekarang ini. Untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 di Pematangsiantar.

Layanan tes swab antigen gratis tersebut diberikan dalam rangka pelacakan kasus. Jika mereka yang bergejala mendapatkan hasil tes positif, maka petugas selanjutnya melakukan pelacakan. Warga yang terindikasi terpapar Virus Corona, langsung mendapatkan pengobatan lebih lanjut, dan perawatan.

“Warga yang sudah terindikasi positif Covid-19, langsung dilakukan isolasi terpusat (isoter) yang telah disiapkan Pemerintah Kota Pematangsiantar yakni ke rumah singgah,”terangnya.

Baca juga: Satgas Covid-19: Swab PCR Gratis Hanya untuk Warga Kontak Erat Hasil Tracing

Sejak pemberlakuan PPKM level di Pematangsiantar, ucap Zakia, dalam sehari, warga yang harus di swab sebanyak 50 orang. Para tenaga kesehatan (Nakes) tidak bekerja sendirian. Mereka bersama Camat, Lurah, relawan, Danramil, Kapolsek, bekerjasama saling bahu-membahu dalam menjumpai warga dalam melakukan swab tes.

Langkah tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Pematangsiantar menghentikan mata rantai penyebaran Covid-19. (yetty/hm06)

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: