25 C
Medan
Monday, October 25, 2021
spot_img

Umroh Dibuka Kembali, Kemenag Siantar Masih Menunggu Surat Edaran

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kabar gembira buat calon jemaah umrah dari Kota Pematangsiantar yang sudah sudah bisa melaksanakan ibadah dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah umroh untuk jemaah Indonesia.

Namun, Kementerian Agama Republik Indonesia Kota Pematangsiantar mengatakan, ternyata informasi tersebut belum bisa dipastikan. Meskipun pernyataan tersebut sudah tersebar di beberapa media informasi.

“Surat edaran resmi tentang jemaah asal RI segera bisa melaksanakan umroh lagi, belum ada kami terima dari pusat,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia Kota Pematangsiantar Hj Ratnawati Nasution, Selasa (12/10/21).

Baca Juga:Arab Saudi Izinkan Indonesia Umroh

Dia menjelaskan, informasi perihal dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah umroh Indonesia, khususnya Kota Pematangsiantar harus menunggu terbit surat dari Kemenag pusat, diteruskan pada Kemenag Provinsi Sumatera Utara. J”adi, kami melakukannya tidak sembarangan dan jelas ada petunjuk teknisnya,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Ratnawati, pihaknya yang di daerah akan berkoordinasi pada atasannya yakni Kanwil Kemenag Sumatera Utara. “Jika nanti ada calon jemaah yang datang dan bertanya, maka kami akan tetap layani dan memberitahunya langsung. Soalnya, informasi tentang hal ini belum ada dari Kanwil maupun pusat,” sebutnya.

“Kita tunggu aja dua atau tiga hari ini. Semoga ada informasi yang diberikan pada kami. Sehingga, apakah informasi tersebut memang jelas adanya atau tidak. Ataupun sekalian ditentukan bagaimana juknisnya nanti,” tambahnya.

Baca Juga:Biaya Umroh Bakal Lebih Mahal, Diprediksi Capai Rp60 Juta Per Orang

Sebelumnya, beberapa media elektronik maupun cetak menyebutkan Kerajaan Arab Saudi telah memberi lampu hijau untuk jemaah umroh asal Indonesia. Itu artinya seluruh jemaah asal Republik Indonesia (RI) segera bisa melaksanakan umroh lagi.

Hal tersebut disampaikan Pemerintah Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021 lalu soal pembukaan pelaksanaan umroh bagi jemaah asal RI di tengah pandemi Covid-19 ini. (yetty/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: