30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

SMKN 2 Siantar Gandeng Samurai Paint Gelar Pelatihan Pengecatan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Pematang Siantar menggandeng Samurai Paint untuk mengadakan pelatihan pengecatan yang baik dan benar. Pelatihan yang digelar selama dua hari yakni dari Selasa, 2 sampai Rabu, 3 Agustus 2022 yang diikuti siswa kelas XI dan XII jurusan Teknik Otomotif.

Ketua Program Keahlian Teknik Otomotif, Jerriwanto Sitorus SPd mengatakan, adapun tujuan dilakukannya kegiatan tersebut adalah untuk melatih keterampilan siswa SMKN 2 Pematang Siantar supaya lebih matang dan terampil serta siap untuk bersaing dalam dunia kerja nantinya.

“Kita tak henti-hentinya memfasilitasinya anak-anak memberikan pembekalan ilmu, melalui pelatihan-pelatihan yang bersifat praktik lapangan guna menunjang keahlian mereka. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Samurai Paint dalam mengedukasi pengecatan, seperti pada body kendaraan,” kata Jerriwanto, Rabu (3/8/22).

Baca juga: BKK SMKN 2 Siantar Berangkatkan 7 Siswa Kerja ke PT CIFU Palembang

Jerriwanto juga mengatakan, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak kemarin dan berakhir hari ini. Seluruh siswa jurusan Otomotif mulai dari kelas XI hingga XII direkomendasikan untuk mengikuti Training Teknik Pengecatan dalam program “Samurai Paint Goes to School” tersebut.

“Apalagi kegiatan ini sangat berhubungan dengan bidang studi yang dipelajari para peserta didik kami. Karena di dalam otomotif itu ada beberapa kompetensi yang diperlukan yaitu kelistrikan, cases, dan engine, serta bagian body. Kegiatan hari ini berhubungan dengan bagian body, dalam pengecatan,” jelas Jerriwanto.

Meski begitu, lanjut dia, kegiatan tersebut lebih menitikberatkan pada pengecatan body atau body repair pada kendaraan sepeda motor saja. Jadi, peserta didik yang mengikuti kegiatan ini akan menitikberatkan bagaimana mengecat bagian-bagian dari kendaraan sepeda motor seperti mulai plat hingga “cap” atau penutup ban seluruh kendaraan.

Baca juga: SMKN 2 Siantar Sukses Gelar Ujian Sekolah Berbasis CBT

Kegiatan ini berupa pembelajaran secara langsung dan terdapat penjelasan yang mendalam tentang cat pada umumnya dari Samurai Paint dan juga contoh praktik pengecatan yang baik. Tak hanya menerima penjelasan, para siswa pun diberi kesempatan untuk praktik secara langsung.

“Bahkan, kami sudah mendapat undangan dari Samurai Paint untuk ikut berkompetisi di Bandung pada Februari 2023 mendatang. Maka dari itu, kegiatan ini juga merupakan persiapan mereka untuk mengikuti kompetisi tersebut,” kata Jerriwanto.

Jerriwanto berharap, SMKN 2 Pematang Siantar dapat kerjasama dengan dunia usaha/ industri dan peserta didiknya dapat bisa langsung bekerja sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). (yetty/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: