25 C
Medan
Wednesday, May 25, 2022
spot_img

Peringati Hari Baden Powell 2021, Pramuka Taman Siswa Siantar Gelar Donor Darah

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dalam rangka Hari Baden Powell atau Hari Bapak Pramuka Dunia tahun 2021, Pramuka Taman Siswa Pematangsiantar bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pematangsiantar, menggelar Bakti Sosial Donor darah yang dilaksanakan di halaman pintu masuk Sekolah Taman Siswa, dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, Senin (1/3/21).

Ketua gugus depan 007/008 Pramuka Taman Siswa Pematangsiantar Rahmadan Purba mengatakan, di masa pandemi ini hampir seluruh PMI di Indonesia kekurangan stok darah. Kegiatan ini sesuai dengan satya dan darma dalam Pramuka. Sehingga, Pramuka gugus depan 007/008 terpanggil untuk membantu.

“Kami tidak bisa membantu yang lain, hanya bisa membantu dalam bakti sosial. Dimana kami menganjurkan, mengajak dan mengimbau masyarakat khususnya anggota pramuka kami untuk memberikan sumbangan darahnya,” ujarnya pada Mistar.

Baca Juga:Peringati Hari Kanker, Akhyar Ikut Donor Darah

Dia memanjatkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, sebab kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dari pada guru, alumni, dan masyarakat umum. Dimana, sudah tercatat secara resmi yang ikut donor darah adalah 43 orang.

Meski demikian, sambung Rahmadan, di hari pelaksanaan ini tidak tertutup kemungkinan ada masyarakat atau siapapun yang ingin ikut mendonorkan darah secara suka rela tanpa melalui registrasi.

“Alhamdulillah, semuanya sampai saat ini berjalan dengan lancar. Mulai tahap registrasi hingga selesai pelaksanaan donor. Ada pula beberapa orang tadi tidak diizinkan untuk donor darah dengan alasan keadaan kesehatan yang kurang memungkinkan. Hal itu sudah melalui pemeriksaan dari PMI sebelum mendonorkan darahnya,” jelas dia.

Baca Juga:Menyambut HUT TNI Ke-75, Korem 022/PT Gelar Donor Darah

Rahmadan menuturkan, kegiatan ini hanya dilaksanakan satu hari saja. Namun, dia berharap dengan kegiatan ini bisa terus menjaga semangat solidaritas untuk meningkatkan kepedulian sosial dan kemanusiaan terhadap masyarakat yang membutuhkan darah, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Ini merupakan kegiatan pertama bagi gugus depan 007 Pramuka Taman Siswa Pematangsiantar, tapi Insyaallah akan diadakan secara rutin ke depannya,” sebutnya.(yetty/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: