25 C
Medan
Tuesday, November 30, 2021
spot_img

Pedagang Sebut Sejak Level PPKM Turun di Siantar, Harga Sembako Mulai Naik

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah pedagang berasumsi bahwa kenaikan harga beberapa bahan pokok dikarenakan setelah pemerintah memutuskan Kota Pematangsiantar turun statusnya dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari level 3 menjadi level 2.

“Pesta kan sudah diperbolehkan sejak turun PPKM level dua. Banyaklah yang melakukan pesta ataupun kegiatan perkumpulan. Otomatis kebutuhan makan-makannya pasti banyak. Akibatnya, permintaan pun semakin meningkat,” ucap Sukaryo, pemilik toko sembako di Pasar Dwikora Pematangsiantar, Minggu (17/10/21).

Dia menuturkan, masyarakat sekarang boleh menggelar resepsi pernikahan bersamaan dengan pemberlakuan PPKM level dua di masa pandemi ini. Bahkan, beberapa rumah makan pun sudah mulai kembali beraktivitas membuka lapak dagangannya.

Baca Juga:Siantar Turun ke PPKM Level 2, ini Pembatasan Bagi Pedagang di Siantar

Meski begitu, lanjut Sukaryo, harga beberapa produk kebutuhan pokok di Pematangsiantar tidak mengalami kenaikan terlalu signifikan kecuali minyak goreng.

“Telur, terigu, beras tidak naik. Hanya saja gula yang baru-baru ini mengalami kenaikan. Sekitar Rp1.500 hingga Rp2.000. Tapi kalau minyak goreng sudah 2-3 bulan ini naik sedikit demi sedikit. Dari Rp12.000 per kilogram sekarang menjadi Rp18.000 per kilogram,” jelas dia.

Sementara itu, harga ayam potong seminggu terakhir mengalami kenaikan. Pedagang ayam potong mengatakan saat ini rata-rata harga ayam per kilogram sekitar Rp30.000 dari sebelumnya hanya Rp23.000 hingga Rp25.000 per kg.

Baca Juga:Ini Aturan Bagi Pedagang Sesuai Instruksi Wali Kota Siantar di Masa PPKM Level 3

“Permintaan daging ayam sudah mulai tinggi. Karena ada sejumlah wilayah yang mulai mengadakan syukuran hajatan atau kegiatan lainnya,” terang Rina, salah seorang pedagang ayam potong.

Dia menjelaskan, kebutuhan warung makan juga sudah mulai meningkat. Sebelumnya, warung atau rumah makan banyak yang membatasi pembelian daging ayam. Sekarang mulai kembali normal.

Di sisi lain, harga bawang merah ukuran sedang turun dari Rp28.000 per kg menjadi Rp24.000. Lalu, segala jenis harga cabai tidak mengalami kenaikan. Hanya saja, beberapa pedagang menaikkan harga cabai yang kualitas nomor satu sebanyak Rp1.000 hingga Rp2.000 per kg. (yetty/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: