spot_img

PDIP Sumut Sarankan Anak Almarhum Asner Jadi Wakil Wali Kota Siantar

Medan, MISTAR.ID

Sondi Pittor anak almarhum Asner Silalahi, Wali Kota Pematang Siantar terpilih pada pilkada serentak, disarankan PDI Perjuangan Sumut sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Pematang Siantar untuk mendampingi Wali Kota Susanti Dewayani memimpin roda pemerintahan.

Seperti diketahui, Asner Silalahi meninggal dunia pada 13 Januari 2021 dan belum dilantik sebagai wali dota definitif oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

“Terkait dengan balon Wakil Wali Kota Pematang Siantar yang diusulkan PDIP, dan DPP sudah merekomendasi kepada saudara Sondi Pittor Manahan Silalahi, merupakan putra almarhum Asner Silalahi,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Soetarto kepada wartawan, Selasa (4/10/22).

Baca Juga:Paslon Terpilih Pilkada Siantar 2020 Belum Dilantik, Ini Kata Pimpinan DPRD

Atas rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan tersebut, Soetarto mengimbau kepada DPC PDI Perjuangan Pematang Siantar dan Fraksi DPI Perjuangan DPRD Pematang Siantar untuk memperjuangkan rekomendasi tersebut dalam rapat paripurna dalam pengangkatan Wakil Wali Kota Pematang Siantar.

“Nah tentu dengan instruksi DPP, seluruh struktur partai yang ada Siantar terutama DPC dan fraksi harus mengamankan dan memenangkan saudara Sondi untuk bisa menjadi Wakil Wali Kota Siantar,” ucap Soetarto dengan tegas.

Saat Pilkada Pematang Siantar lalu, bukan PDI Perjuangan saja sebagai partai mengusung Asner Silalahi dan Susanti. Tapi, ada sejumlah partai politik lainnya yang bergabung.

Baca Juga:Asner Silalahi Meninggal Dunia, Ini Kata KPU Sumut Tentang Pelantikan Pemenang Pilkada Siantar

Namun, Soetarto meminta DPC PDI Perjuangan Pematang Siantar untuk membangun komunikasi dengan partai politik pengusung lainnya untuk memenangkan dan mengangkat Sondi Pittor sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar.

“Tentu saja karena partai pengusung juga tidak hanya PDIP. Kita berharap DPC PDI Perjuangan Siantar dan juga balon wakil wali kota yang direkomendasi bisa melakukan komunikasi politik kepada seluruh penjuru partai partai politik yang ada di Siantar,” katanya.

Soetarto mengungkapkan selain melakukan lobi-lobi politik, pihaknya tetap mengikuti mekanisme untuk pemilihan dan pengangkatan wakil wali kota di DPRD Pematang Siantar.

Baca Juga:Ingin Segera Dilantik, Wawako Siantar Terpilih Pilkada 2020 Silaturahmi ke DPRD

“Tentu sesuai dengan mekanisme dan undang-undang. Kita juga harus melakukan komunikasi dengan partai partai lain. Supaya nanti tercapai musyawarah mufakat. Sehingga pembangunan di Pematang Siantar itu tetap berjalan dan semakin maju,” tandas Soetarto.

Sebelumnya, Susanti dilantik sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar oleh Gubernur Sumut Edy Rahyamadi pada 22 Maret 2022. Kemudian, menjadi Plt Wali Kota Pematang Siantar.

Selanjutnya Susanti kembali dilantik oleh Gubernur Sumut Edy Rahyamadi menjadi Wali Kota Pematang Siantar definitif, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kota Medan, pada 22 Agustus 2022. (anita/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: