22.9 C
Medan
Thursday, August 18, 2022
spot_img

Oknum PNS Diduga Tipu Warga Puluhan Juta dengan Modus Bantuan UMKM

Pematangsiantar, MISTAR. ID

Beberapa warga Kota Pematangsiantar menggeruduk Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan di Jalan Cempaka, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat, Selasa (26/1/21) sekira pukul 11.00 WIB.

Kedatangan warga di Kantor Dinas Koperasi untuk menanyakan kejelasan soal bantuan UMKM yang disebutkan oleh Hermansyah, selaku Kepala Seksi Koperasi dan Pembiayaan di Dinas Koperasi Pematangsiantar.

Sekitar empat bulan yang lalu, tepatnya Oktober 2020, Hermansyah mendatangi warga lalu menyampaikan ada bantuan usaha UMKM. Hanya saja, sebelum warga menerima bantuan UMKM tersebut, Hermansyah yang merupakan mantan lurah tersebut memungut biaya yang cukup fantastis yakni berkisar Rp1 juta hingga Rp35 juta.

Baca Juga:Waspada! Ini Modus Penipuan CPNS

Boru Hutagalung, salah seorang warga Sibatu-batu, Kecamatan Siantar Sitalasari mengaku menjadi korban penipuan Hermansyah sebesar Rp2 juta. “Kami merasa ditipu makanya datang ke Kantor Dinas Koperasi. Kami korban penipuannya berkedok UMKM. Awalnya kami diminta menyetor Rp2 juta untuk mendapatkan pinjaman UMKM sebesar Rp20 juta. Siapa yang tidak mau mendapat bantuan kayak gitu, rupanya kami tertipu,” ujarnya diwawancarai di Kantor Dinas Koperasi.

Selain itu, lanjut Boru Hutagalung, ada kurang lebih 10 orang yang ditipu Hermansyah. Rata-rata korban dikutip dengan jumlah yang berbeda-beda, namun dengan alasan yang sama. “Kalau saya diminta Rp2 juta untuk dapat bantuan Rp20 juta. Ada yang diminta Rp5 juta untuk dapat pinjaman Rp50 juta. Ada juga yang Rp1 juta biar dapat pinjaman Rp10 juta. Lalu ada yang diminta Rp35 juta untuk dapat bantuan ratusan juta,” ungkapnya.

Selama empat bulan berjalan usai beberapa warga menyetor uang untuk mendapat bantuan UMKM seperti ditawarkan Hermansyah, namun hingga kini tidak terealisasi dan akhirnya warga geram dan merasa telah tertipu lalu mendatangi Kantor Dinas Koperasi.

Baca Juga:Pemberian Bantuan Alat UMKM Sumut Diduga Tidak Tepat Sasaran

Korban lain yang juga merasa tertipu yakni, Daniel Munthe mengatakan, dirinya sempat menjadi korban penipuan berkedok bantuan UMKM. “Saya sempat menyetor uang Rp5 juta, rupanya sampai saat ini belum juga cair bantuan itu. Makanya kemarin saya datangi dan uang saya sudah dikembalikan,” ujarnya.

Daniel kembali mengaku, dia datang ke Dinas Koperasi untuk membantu teman-temannya yang tertipu dan merasa kasihan dengan teman-temannya lantaran uang yang sebelumnya disetor belum juga dikembalikan.

Sementara itu, Hermansyah, oknum pegawai Dinas Koperasi Pematangsiantar yang diduga melakukan penipuan dengan modus menyetorkan sejumlah uang untuk mendapatkan bantuan UMKM saat dikonfirmasi mengakui perbuatannya yang telah melakukan pengutipan uang terhadap warga.

Baca Juga:Jokowi Minta Kemitraan UMKM dan Usaha Besar Harus Saling Menguntungkan

“Rencananya hari ini akan diselesaikan. Tadi sudah kita sampaikan, akan dikembalikan hari ini. Untuk sisanya akan dilunasi akhir bulan,” ujar Hermansyah, Selasa (26/1/21).

Ketika disinggung mengapa hal itu dilakukannya, Hermansyah mengaku khilaf dan tengah berupaya memulangkan uang warga yang telah dikutipnya.

Terpisah, Kepala Seksi UKM Timbul yang ditemui di Kantor Koperasi mengatakan, pihaknya akan mendata para korban yang merasa tertipu dan meminta bukti-bukti untuk mengembalikan uang mereka. “Siapa saja korbannya, biar kita data dulu. Kalau masalah ini bisa secepatnya diselesaikan, cukup sampai di Kabid saja. Tidak perlu sampai ke Kadis,” ujar Timbul. (hamzah/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: