25 C
Medan
Friday, May 27, 2022
spot_img

Jauhkan Siswa dari Kerumunan, SMAN 2 Siantar Gelar Vaksinasi di Lingkungan Sekolah

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sebanyak 250 pelajar SMAN 2 Pematangsiantar menjalani vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di lingkungan sekolah, Jalan Patuan Anggi, Kecamatan Siantar Utara, Selasa (5/10/21).

Vaksinasi yang dilakukan pihak sekolah tersebut adalah cara untuk terhindar dari kerumunan saat vaksinasi dan tidak bercampur dengan orang dewasa.

Hal itu diungkapkan Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 2 Pematangsiantar, Japatar Manullang, saat memantau para pelajar yang akan divaksin.

Baca Juga:Disdik Siantar Evaluasi PTM Terbatas, Sekolah Digilir Untuk Mengurai Kerumunan

“Proses vaksinasi untuk siswa ini berjalan lancar. Siswa melakukan vaksinasi diatur dengan baik, sehingga anak-anak tetap mendapatkan vaksin dengan tetap melakukan protokol kesehatan,” kata Japatar.

Dia menjelaskan, suksesnya pelaksanaan vaksinasi tersebut berkat kerja sama pihaknya dengan Dinas Kesehatan Pematangsiantar melalui puskesmas yang bertindak sebagai vaksinator. Petugas kesehatan langsung datang ke sekolah dengan membawa vaksin.

Vaksinasi Covid-19 tersebut diikuti para siswa dan siswi kelas XI dan XII secara bergantian, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan juga dilakukan saat para pelajar melakukan PTM terbatas.

Baca Juga:Vaksinasi Pelajar di Simalungun Masih 1,5 Persen dari Total Sasaran 105.000 Pelajar

“Setiap kelas akan digilir secara berganti. Sebelumnya juga sebanyak 22 siswa sudah menerima vaksin dosis pertama di luar sekolah, ditambah 25 orang saat Gubernur Sumut kunjungan kerja ke Kota Siantar pada bulan lalu,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Pematangsiantar Hasbiansyah Sinaga melalui sambungan telepon menuturkan, vaksinasi pelajar dinilai menjadi bagian yang sangat penting khususnya dalam pendidikan dan dapat mencegah klaster dari virus Covid-19.

Oleh karena itu, Hasbiansyah menyebutkan, pemerintah terus mengupayakan pelaksanaan program vaksinasi bagi para pelajar secara meluas untuk dilakukannya pembelajaran tatap muka.

Baca Juga:Disdik Siantar Minta Pelaksanaan Vaksinasi Pelajar di Sekolah

“Tujuan utama vaksinasi ini adalah pembentukan herd immunity. Sehingga tercipta kekebalan komunal pada tiap-tiap siswa. Jadi, pemerintah terus berupaya memperluas program vaksinasi pelajar ini,” ucapnya.

Hasbiansyah menambahkan, sebelum menerima vaksin dosis pertama, para guru juga ikut memantau langsung kegiatan vaksinasi terhadap anak didiknya. Para siswa diberi pengarahan tentang hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksin serta efek yang mungkin timbul setelah divaksin.

Baca Juga:Baru 5.000 Pelajar yang Peroleh Vaksinasi Covid di Medan 

“Hari ini target kita dilakukan suntik vaksin sebanyak 250 siswa dari total siswa sekolah ini sebanyak 1.079 orang. Semoga anak didik kami bisa divaksin semua,” harapnya.

Salah seorang pelajar kelas XII SMAN 2 Pematangsiantar, Netanya Damanik, merasa senang atas adanya vaksinasi di lingkungan sekolahnya. Menurutnya, para siswa tidak perlu jauh-jauh pergi ke suatu tempat untuk melakukan vaksinasi, namun sudah disediakan di lingkungan sekolahnya. (yetty/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: