spot_img

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah di Rusia

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini berhasil meraih beasiswa kuliah di Moscow, Rusia. Hal ini seiring dengan kepastian Irvanli diterima di Peoples Friendship University of Russia jurusan Sosiologi.

Ditemui di rumahnya, Rabu (28/9/22) di Jalan Bongbongan Raya, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Irvanli Yosua Silalahi  bercerita lolos tes beasiswa berkuliah di luar negeri adalah salah satu keinginan serta impiannya sejak ia duduk di bangku sekolah menengah. “Awalnya kan memang saya bercita-cita ingin sekali bekerja di luar negeri. Terus saya dari kelas XI sudah mencari-cari beasiswa kuliah, baik di Indonesia maupun luar negeri melalui internet,” ujarnya.

Saat ini, siswa yang lulus dari SMAN 5 Pematang Siantar itu sedang mempersiapkan diri sebelum berangkat pada September tahun depan. “Kami yang lulus ini harus mengikuti perkuliahan bahasa Rusia selama setahun ini. Perkuliahannya bisa dilakukan secara online ataupun langsung ke Rusia,” ujarnya.

Baca Juga:600 Siswa SMAN 6 Siantar Ikuti Vaksinasi di Sekolah

Irvanli mengatakan, sejak duduk di kelas XI, ia sudah mempersiapkan segala persyaratan untuk ikut pendaftaran beasiswa kuliah ke luar negeri. Selanjut ikut test dan wawancara secara online oleh pihak penyelenggara. “Setelah saya mengikuti tahapan demi tahapan seperti administrasi, test dan wawancara, saya dinyatakan lulus,”ucap Irvanli penuh haru.

Menurutnya dari ribuan peserta yang mendaftar, hanya ada 261 peserta yang berhak mendapatkan beasiswa itu. Dari jumlah itu, terbagi dari berbagai jenjang dari S1 hingga S3. “Di Sumatera ada sekira 6 orang yang lolos. Saya satu-satunya dari Kota Pematang Siantar. Jadi kami yang lulus dari Indonesia masih menunggu dari universitas bahasa Rusia mana kami akan ditempatkan, setelah itu, baru kita berangkat ke Rusia,”sebutnya.

Buah hati pasangan almarhum Thomson Silalahi dan Sondang Malau ini menyebutkan bahwa memang demikian proses alur yang ditentukan oleh pihak universitas. Seyogianya berangkat ke Moscow pada September ini. Tetapi, ia mesti menunggu untuk mengikuti kelas bahasa.

Baca Juga:BKK SMKN 2 Siantar Berangkatkan 7 Siswa Kerja ke PT CIFU Palembang

“Semua sudah disediakan nantinya di Rusia. Namanya bea siswa, mulai dari penginapan hingga uang saku sudah ada diberikan. Seharusnya, dimulai bulan ini, namun Universitas harus mengirim kami untuk kelas bahasa. Tidak akan lama lagi, Mudah-mudahan bulan depan sudah mulai kelas bahasa,” ungkap dia.

Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-sebesarnya buat seluruh guru-guru, khususnya Kepala Sekolah yang telah memberi semangat atau support maupun doa padanya. Hingga ia dapat meraih beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Kota Pematang Siantar Edwar Sinarmata SPd MSi sangat mengapresiasi prestasi yang ditorehkan anak didiknya. Ia juga mengaku bangga dan senang anak didiknya berhasil diterima kuliah beasiswa di luar negeri. Ditambahkannya, bahwa prestasi siswa ini bukan faktor kebetulan saja, akan tetapi melalui proses belajar secara terus menerus, sehingga dari proses itu membuahkan hasil. “Bagi siswa-siswi yang lain, diimbau agar terus berprestasi. Saya beserta guru sangat bangga atas prestasi yang diraih anak didik kami ini. Untuk itu sekolah akan terus dan selalu mensupport siswa yang memperoleh prestasi,” kata Edwar dengan bangga.(yetty/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: