23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Hari Indonesia Menabung, Pemko Siantar Ajak Sekolah Tingkatkan Tabungan Pelajar

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Setiap 20 Agustus diperingati sebagai Hari Indonesia Menabung berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

Pemerintah Kota Pematang Siantar bersama Dinas Pendidikan melakukan kegiatan Hari Indonesia Menabung ini di SMP Negeri 2 Pematang Siantar, dengan menyasar para pelajar, agar memiliki rekening tabungan sendiri.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pematang Siantar Plt Kusdianto, kegiatan yang dipusatkan pada salah satu sekolah ini gunanya mengkampanyekan peningkatan kesadaran masyarakat khususnya tingkat pelajar untuk menabung sejak dini.

Baca juga: OJK Dorong Tebing Tinggi Percepat Capaian Program Satu Rekening Satu Pelajar

‘Kami apresiasi Bank Indonesia dan bank lainnya yang mau datang ke sekolah-sekolah di Hari Indonesia Menabung sebagai bentuk kampanye peningkatan kesadaran anak didik kami sebagai upaya menumbuhkan budaya serta mendorong pelajar untuk menabung sejak dini,”katanya, Jumat (19/8/22).

Kusdianto menegaskan seluruh pihak-pihak sekolah untuk mendukung terwujudnya budaya menabung di tengah pelajar. Pihaknya juga akan mensosialisasikan pada tenaga pendidik agar memperkuat komitmen dan dukungan gerakan Indonesia Menabung, terutama pada orang tua murid masing-masing.

“Tapi kami tidak mewajibkan seluruh pelajar harus membuka tabungan di bank. Satu sisi, kami tidak bisa memaksa seluruh murid, sebab tidak semuanya sama dari segi ekonominya,” tegas Kusdianto.

Hanya saja, lanjut dia, pihaknya meminta seluruh bank agar mempermudah bagi pelajar yang akan menabung. Soalnya, para pelajar sangat malas jika pergi ke bank hanya untuk menabung dengan nilai yang kecil.

Baca juga: Bank CIMB Niaga Serahkan CSR Rp25 Juta ke SMK Swasta Teladan Siantar

“Pelajar terkadang ada uang sisa dari jajannya. Nah, yang sisanya ini ingin ditabung, tapi malas ke bank. Kami minta pihak bank lah yang jemput bola ke sekolah. Sehingga setiap pelajar yang sudah memiliki rekening tabungan jadi aktif menabung,” katanya.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan simbolis buku rekening kepada perwakilan siswa-siswi serta pemberian piagam penghargaan dari Wali Kota Pematang Siantar kepada murid berprestasi. (yetty/hm09)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: