28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

BLT Pekerja Mengucur, Nasabah Bank Melonjak 150 Persen

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah rencananya akan memberikan bantuan sosial bagi karyawan swasta selama empat bulan sebesar Rp600 ribu baik yang bergaji Rp2-3 juta atau di bawah Rp5 juta. Bantuan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening pribadi.

Hal ini langsung mendapat respon masyarakat di Kota Pematangsiantar. Pantauan Mistar, bank yang ditunjuk sebagai peserta dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yakni BRI, Mandiri, BNI dan BTN, rata-rata mengalami lonjakan lebih dari 100% untuk pendaftaran nasabah baru dalam hal pembukaan rekening bank.

Salah satunya, Bank Mandiri cabang Pematangsiantar Sudirman, melalui Branch Operation Manager Yan Fauzhan Azima menyebutkan, kondisi tersebut berdampak pada peningkatan signifikan pembukaan rekening tabungan di Bank Mandiri.

Baca juga: 1-2 Minggu Depan, Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Dicairkan Pemerintah

“Kenaikannya hampir mencapai 150% dibandingkan seperti biasa regular. Bahkan, Selasa kemarin nasabah baru membludak, sehingga jam buka bank diperpanjang hingga jam 5 sore yang seharusnya bank tutup jam 2 siang di masa pandemi ini,”ucapnya, Kamis (13/8/20).

Dia juga menambahkan, Bank Mandiri Pematangsiantar bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar bantuan penerima bantuan langsung tunai (BLT). Penyaluran bantuan ini juga akan lebih mudah jika hanya diberikan ke karyawan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, pemerintah sudah mengantongi data tiap karyawan swasta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Karyawan penerima bantuan BLT tersebut harus menyampaikan data nomor rekening dimaksud sesuai skema dan kriteria pemerintah yang telah ditentukan Pemerintah.

“Untuk setoran awal dalam hal pembukaan rekening baru bisa menggunakan Mandiri TabFP (Tabungan Payroll) khusus untuk perusahaan yang sudah ada MOU dengan Bank Mandiri, setoran awal 20rb saja. Atau Mandiri TabMu (Setoran awal 50rb) nasabah pegawai swasta yang datang langsung ke cabang bank Mandiri untuk buka pribadi membawa Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan surat keterangan gaji di bawah 5 juta,”jelas Yan.

Di bank tempat lain, dalam menghadapi proses antrian panjang dalam proses pembukaan rekening baru, pihak bank juga menyediakan layanan pembukaan rekening melalui mesin. Hal ini bisa ditemukan pada Bank BNI. Mesin itu disebut BNI Self Service Opening Account (Sonic). Cukup tempelkan e-KTP yang kemudian diikuti oleh proses dari pembukaan rekening, selanjutnya akan keluar kartu debit yang bisa langsung digunakan untuk transaksi.

Baca juga: Pengusaha Hanya Bisa Bertahan Hingga Akhir Juni Akibat Dampak Covid-19

“Mesin ini sangat membantu dapat menghemat waktu para nasabah baru. Apalagi, akibat rencana Pemerintah yang memberikan BLT, banyak masyarakat melakukan pembukaan rekening baru,” kata M Nurwansyah, salah satu pegawai bank BNI cabang Merdeka Pematangsiantar.

Dia menuturkan, untuk transaksi setoran awal sebesar Rp250 ribu. Selanjutnya mengambil buku rekening baru pada teller bank BNI. Jadi tidak perlu lagi repot mengisi formulir pendaftaran.

“Lonjakan yang paling banyak itu pada hari selasa kemarin. Kebanyakan untuk membuat rekening baru agar bisa mendaftar BLT pada program Pemerintah terhadap karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp 5 juta,”ungkapnya.

Suwandi, pegawai swasta di salah satu perusahaan perbengkelan menyebutkan, tujuan kedatangannya ke bank semata untuk membuat rekening bank baru.
“Pimpinan saya yang menyuruh agar membuka rekening bank. Awalnya, saya ragu, tapi ketika disebut tujuannya untuk dapat bantuan BLT dari pemerintah, saya pun akhirnya mau buat rekening bank,” imbuhnya.(yetty/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: