31.7 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

Bangun Stadion Sangnaualuh, PUPR Siantar Ajukan Proposal ke Kemenpora

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Guna menyelesaikan pembangunan Stadion Sangnaualuh, pihak Dinas (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pematangsiantar akan mengajukan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

Pengajuan proposal dilakukan demi kelanjutan atau penyelesaian pembangunan stadion kebanggaan Kota Pematangsiantar, juga mengingat anggaran pembangunan stadion yang tidak ada ditampung dalam APBD Tahun Anggaran (TA) 2022.

Anggaran itu tidak ditampung di APBD TA 2022 karena anggaran yang minim untuk tahun depan sebagai akibat Covid-19. Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya dan Penataan Ruang Dinas PUPR) Kota Pematangsiantar, John Henri Musa Silalahi.

Baca juga:Proyek PD PAUS, GOR dan Stadion Mangkrak! Ini Langkah Pemko Siantar

“Tapi, kita sedang berupaya membuat proposal untuk kita ajukan ke Kemenpora. Itulah yang kita buat sebagai upaya melobi dana untuk kesana (Pembangunan Stadion),” tutur Musa ketika dikonfirmasi terkait penyelesaian pembangunan Stadion Sangnaualuh, pada Senin (29/11/21).

Di tahun 2021, kata Musa, dilakukan pengerjaan khusus untuk drainase lapangan. “Selesai drainase, sudah bisa kita manfaatkanlah itu lapangannya. Jadi untuk tahun 2022, kita membuat sarana dan prasarananya yang kurang, mulai kapasitas tempat duduknya baik di tribun terbuka maupun tertutup, itu kita lobi ke kementerian melalui proposal itu tadi,” bebernya.

Saat ditanya estimasi besaran anggaran untuk penyelesaian pembangunan stadion dalam proposal pembangunan yang akan diajukan ke Kemenpora, Musa menyebut angka sebesar Rp80 miliar. “Sekitar 80 miliar, standar bangunan untuk divisi III sudah bisalah,” ungkapnya.

Baca juga:Habiskan Rp22 M, DPRD Siantar Soroti Pembangunan Stadion Sangnaualuh

Ketika ditanya sudah sejauh mana perkembangan proposal yang akan diajukan ke Kemendagri, Musa mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan penyesuaian. “Kini kita sedang penyesuaian harga baru. Tadinya itukan, dalam grand desainnya adalah stadion yang megah. Jadi kita sedang menyesuikannya dengan kondisi kota. Kita mau konsepnya diselesaikan lagi,” ujarnya.

Selanjutnya, saat ditanya kapan proposal pembangunan stadion akan dilayangkan ke Kemenpora, Musa meperkirakan antara bulan Desember 2021 dan Januari 2022. “Kemungkinan bulan dua belas (Desember) ini, tapi yang paling intinya mungkin itu di bulan satu (Januari) ini,” tukasnya. (ferry/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: