27.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Kerusuhan di Puncak 2000 Siosar Karo, Sejumlah Korban Luka, Sepeda Motor dan Warung Dibakar

Karo, MISTAR.ID

Kericuhan terjadi di kawasan Puncak 2000 Siosar, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo. Dikabarkan, dua kelompok masyarakat saling serang antara masyarakat sekitar dengan pihak PT Bibit Unggul Karobiotek (BUK).

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab kedua kubu bertikai. Akibat dari kejadian ini, beberapa orang dari kedua belah pihak harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka. Tak hanya itu, beberapa unit sepeda motor dan bangunan terbakar karena terkena imbas kericuhan yang terjadi.

Berdasarkan informasi dari Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, bentrokan ini terjadi pada Selasa (17/5/22) sekira pukul 12.00 WIB pihak PT BUK melakukan aktivitas pengerukan tanah yang berada di kawasan yang diklaim milik PT BUK.

Baca juga: Bupati Karo Dampingi Gubsu Tinjau Lahan Sarana Olahraga di Puncak 2000 Siosar

Saat para pekerja melakukan aktivitas tersebut, beberapa oknum masyarakat merasa tidak terima tanah yang juga diklaim oleh masyarakat tersebut digarap akhirnya melakukan perlawanan.

“Awalnya saat pihak PT BUK melakukan pengerukan sekira pukul 12.00 WIB, masyarakat tidak terima dan melakukan perlawanan,” ungkap Kapolres Tanah Karo, saat awak media menyambangi Polres Tanah Karo, Rabu (18/5/22).

Kapolres menjelaskan, akibat dari perlawanan yang dilakukan oleh oknum masyarakat ini pihak PT BUK yang juga mempertahankan aktivitasnya juga melakukan perlawanan. Akibatnya, bentrokan tak terhindarkan lagi dan kedua belah pihak kemudian saling serang dan mengakibatkan sejumlah orang terluka.

“Dari perlawanan tersebut ada timbul korban, di mana satu orang dari PT BUK dan tiga orang dari masyarakat. Selain itu ada juga kerugian materil, yaitu warung dan beberapa sepeda motor yang terbakar,” katanya.

Dikatakannya, setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang bentrokan tersebut, pihak kepolisian langsung mengerahkan personelnya ke lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan. Kondisi terkini, polisi berhasil mengendalikan situasi dan memberikan garis polisi di lokasi kejadian.

Baca juga: Pagar Seng Milik PT BUK di Karo Dirusak Sekelompok Warga

“Kondisi saat ini sudah kondusif,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan pihaknya kini masih melakukan pengembangan untuk mengetahui kronologi kejadian. Selain itu, pengembangan juga dilakukan untuk mencari tau siapa pelaku penganiayaan dan pembakaran saat bentrokan tadi.

“Ini sedang dalam penyelidikan untuk mengungkap dan akan segera kita tangkap pelaku penganiayaan dan pembakaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ronny meminta kepada semua pihak untuk saling menahan diri. Pasalnya, bentrokan ini tidak ada memberikan keuntungan bagi siapapun. Bahkan, jika terbukti melakukan tindak pidana maka akan merugikan diri sendiri karena pastinya akan dilakukan proses hukum yang berlaku. (eva/hm09)

Related Articles

Latest Articles