22.8 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Skenario Terberat Akibat Covid-19, Orang Miskin Bertambah 3,78 Juta

Jakarta, MISTAR.ID
Deputi III Kantor Staf Presiden, Panutan Sakti Sulendra Kusuma menyampaikan, skenario terberat yang timbul sebagai dampak pandemi virus corona Covid-19 di Tanah Air yakni jumlah masyarakat miskin meningkat pesat. Diperkirakan jumlah orang miskin akan bertambah sebanyak 3,78 juta orang.

Dalam keterangan tertulis, Jumat (3/7/20), Panutan mengatakan selain itu, jumlah pengangguran diprediksi bertambah 3,78 juta orang. Lalu, pertumbuhan ekonomi akan minus 0,4 persen.

“Ini beberapa hitungan yang dampaknya memang cukup serius,” kata Panutan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Angka Kemiskinan Di Siantar Naik 12 Persen

Kendati demikian, Panutan menegaskan, pemerintah berupaya agar skenario terberat itu tak terjadi. Oleh karena itulah pemerintah mengalokasikan dana Rp 677 triliun dari APBN untuk perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah menjalankan dua bentuk program, yaitu untuk sisi demand berupa program perlindungan sosial, sedangkan untuk sisi supply berupa program pemulihan ekonomi nasional,” ujar dia.

Baca juga: Pengusaha Hanya Bisa Bertahan Hingga Akhir Juni Akibat Dampak Covid-19

Adapun strategi dari pelaksanaan program tersebut mengikuti tahapan-tahapan yang menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Jadi bila pandemi Covid-19 ini belum bisa ditangani dengan baik, tahapannya lebih pada perlindungan sosial, tetapi, kalau misalnya pandemi ini mulai bisa dikendalikan maka tahapannya adalah ke program pemulihan ekonomi nasional,” ucap Panutan. (kompas/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: