28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Selamatkan Uang Negara Rp1,9 M, Kejari Belawan Serahkan ke Pemko Medan

Medan, MISTAR.ID

Kolaborasi yang terus digaungkan Wali Kota Medan Bobby Nasution selama ini telah memberikan hasil sangat positif. Terbukti, sebesar Rp1.961.259.236,75 uang negara berhasil diselamatkan berkat kolaborasi yang dilakukan Pemko Medan dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut terkait pembetonan Jalan Pancing I Kecamatan Medan Labuhan.

Hal ini terungkap dari Penyerahan Laporan Temuan dari Kejari Belawan kepada Pemko Medan di Ruang Rapat I Balai Kota Medan, Rabu (25/5/22).

Kajari Belawan Nusirwan Sahrul menyerahkan uang negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp1.941.259.236,75 kepada Pemko Medan yang diterima Wakil Wali Kota H Aulia Rachman disaksikan Kepala BPK Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan beserta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. Aulia mengatakan, keberhasilan penyelamatan uang negara ini tidak terlepas dari kolaborasi yang dilakukan selama ini.

Baca juga: Kolaborasi Pemko Medan Berbuah Manis, Normalisasi Sungai Bedera Dimulai

“Kolaborasi Medan Berkah yang dibangun Pak Wali Kota selama ini telah memberikan bukti. Kebersamaan yang kita bangun telah berhasil menyelamatkan uang negara dengan jumlah yang sangat fantastis. Inilah pembuktian dari kebersamaan yang kita lakukan selama ini,” kata Aulia.

Dijelaskannya, bahwa Pak Wali Kota selalu memberikan teguran keras kepada seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan agar tidak ada yang bermain-main terkait pengelolaan anggaran.

“Pak Wali Kota selalu memberikan instruksi untuk menggunakan anggaran sebaik mungkin. Tunjukkan kepada masyarakat bahwasannya kita memberikan perubahan yang signifikan, tapi tidak mengurangi kualitas yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Aulia menyebut, ini merupakan penyelamatan uang negara yang kedua di bawah kepemimpinan Bobby Nasution. Sebelumnya, berkolaborasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, berhasil diselamatkan uang negara sebesar Rp9 miliar lebih dari Apartemen Reiz Condo melalui PT Waskita Karya Realty terkait pembayaran retribusi daerah atas perubahan fungsi bangunan gedung apartemen Reiz Condo dari IMB hunian menjadi hunian campuran (penginapan/sewa-sewa) di Jalan Tembakau Deli Medan.

Baca juga: Pemko Medan dan Kementerian PUPR Berkolaborasi Tanggulangi Banjir Rob Belawan

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kejari Belawan dan BPK Perwakilan Sumut yang sudah bekerja keras membantu Pemko Medan. Jika ada yang salah tegur atau berikan masukan kepada kami. Insya Allah akan kami perbaiki, sebab manusia tidak luput dari kesalahan,” tutupnya.

Sementara itu, Kajari Belawan Nusirwan Sahrul mengatakan, sebelumnya Kejari Belawan dengan Pemko Medan telah melaksanakan MoU di bidang hukum terkait dukungan kejaksaan terhadap program-program pembangunan, khususnya mencegah terjadinya kerugian keuangan negara serta pendampingan-pendampingan hukum dalam rangka mendukung program pembangunan yang dijalankan Pemko Medan.

“Pak Wali Kota minta agar kejaksaan optimal mencegah kerugian keuangan negara. Untuk itulah kita berupaya melakukan pencegahan agar tidak terjadi kerugian keuangan negara. Termasuk apabila ada kerugian negara yang ditimbulkan dari pendapatan negara maupun belanja, kita juga melakukan upaya penyelamatan dan pemulihan,” ujarnya.

Terkait penyelamatan uang negara sebesar Rp1.941.259.236,75, kata Nusirwan, itu tidak terlepas dari informasi yang diberikan BPK Perwakilan Sumut. Sebab, Kejaksaan dan BPK sudah menjalin kesepakatan mulai tingkat pusat hingga daerah terkait informasi-informasi temuan BPK yang berpotensi timbulkan kerugian keuangan negara.

Baca juga: Wow! Medan akan Bangun Tembok Laut di Belawan

“Kita dapat informasi dari BPK terkait potensi kerugian keuangan negara. Setelah menerima hasil temuan dari BPK Perwakilan Sumut, kami langsung melakukan penyelidikan mulai 22 Maret. Alhamdulillah, ada itikad baik dari perusahaan dengan menyetor seluruh hasil temuan BPK kepada Kas Daerah Kota Medan,” terangnya.

Ketua BPK Perwakilan Sumut Eydu Oktan Panjaitan, menyampaikan apresiasinya atas kinerja Kejari Belawan menyusul keberhasilan menyelamatkan keuangan negara dengan nilai yang fantastis dan melalui   proses tidak mudah. (rahmad/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: