28.9 C
Medan
Saturday, December 4, 2021
spot_img

Juru Parkir di Medan Kini Difasilitasi Jaminan Sosial

Medan, MISTAR.ID

Penerapan parkir digital atau E-Parking di 22 titik jalan di Kota Medan yang dimulai pada, Senin (18/10/21), sangat memudahkan pengguna dan juga memudahkan para pekerja.

Selain itu, petugas juga difasilitasi pelindung jaminan sosial baik dari BPJS Kesehatan dan BPJamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan.

Dikatakan Direktur PT Logika Garis Teknologi Donny Parlidungan Nasution,
pihaknya mau juru parkir (jukir) terstruktur dan memang menjadi benar-benar pekerjaan yang memiliki pelindung untuk jukir.

“Kita juga telah membukakan rekening jukir ini. Nah, setiap 10 jukir memiliki 1 orang pengawas. Semua pendapatan yang masuk juga sangat transparansi,” katanya, Selasa (19/10/21).

Baca Juga:Pakai E-Parking, Dishub Medan Targetkan PAD Naik 3 Kali Lipat

Pada E-Parking yang diterapkan di 22 ruas titik jalan di Kota Medan saat ini, sambungnya, telah disediakan 90 alat pembayaran yang dibawa oleh jukir.

“Dalam waktu dekat juga akan datang lagi alat pembayaran ini. Setiap petugas jukir memiliki satu alat lengkap dengan alamat dan lokasi yang telah ditetapkan. Bahkan, alat yang kita serahkan ke jukir juga dilengkapi dengan GPS dan bisa juga dihubungi atau kita telpon petugasnya,” kata Donny, seraya berkata perusahaan parkir yang dikelolanya sudah berdiri 15 tahun.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan sebanyak 1.600 alat lengkap dengan powerbank untuk petugas jukir. “Kita juga sediakan struk dan paket data untuk mereka 20 giga per bulan,” terangnya, sambil berkata jukir yang biasanya mendapatkan pendapatan harian diganti jadi perminggu.

Baca Juga:E-Parking Resmi Diterapkan di Medan, Bobby: Seluruh Jukir Tetap Dipekerjakan

Terpisah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank partner bisa digunakan sebagai uang elektronik BRI yang dikenal dengan Kartu Brizzi. Bayar E-Parking pakai Brizzi, Ini kemudahan dan fitur-fiturnya.

Regional CEO BRI Medan Budhi Novianto menyampaikan, saat ini telah tersebar 11,8 juta rekening BRI dan 947 ribu Kartu Brizzi yang siap berkolaborasi untuk memajukan sektor ekonomi kreatif dan cashless di Sumut.

“BRI juga telah bekerja sama dengan pihak PT. Logika Garis Elektronik untuk mempermudah pengguna dalam memperoleh Kartu Brizzi pada juru parkir dan merchant partner BRI yaitu Indomaret, Alfamart, e-Commerce,” jelasnya.

Baca Juga:Puluhan Jukir di Medan Tolak Penerapan E-ParkingĀ 

Sementara, menurut Regional CEO Bank Mandiri Region I/Sumatera 1 Lourentius Aris Budiyanto, saat ini pihaknya agresif menggarap kolaborasi dengan convenience store, e-commerce dan retailer agar bisa menerima pembayaran dengan Mandiri e-money, termasuk menjadi channel top up.

“Mandiri e-money saat ini masih sebagai produk uang elektronik yang banyak digunakan masyarakat. Pengguna Mandiri e-money bisa bertransaksi dengan tenang karena faktor keamanan yang lebih baik,” ungkapnya.

Selain keamanan, dia menambahkan, keunggulan lain Mandiri e-money adalah kemudahan mengisi ulang (top up) saldo di berbagai jaringan e-channel Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan maksimum saldo isi ulang sebesar Rp20 juta per bulan dan maksimal saldo tersimpan Rp2 juta,” bebernya.(anita/hm10)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: