25 C
Medan
Monday, October 25, 2021
spot_img

Pasar Aksara Medan akan Kembali Beroperasi

Medan, MISTAR.ID

Direktur Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan, Suwarno menuturkan rencananya November 2021 ini Pasar Aksara Jalan Prof HM.Yamin akan kembali beroperasional.

Diungkapkan Suwarno lagi, progres pembangunan. Pasar Aksara sunda 90% tinggal finishing saja. “Infonya November ini sudah bisa launching (beroperasional). Terakhir kali kita tinjau pada tanggal 7 Oktober lalu sudah 90% dan tinggal finishing saja,” katanya, Selasa (12/10/2021).

Bahkan, sambung Suwarno dari pihak kontraktor tinggal penyerahan ke kementerian PUPR maka setelahnya akan diserahkan ke Pemko Medan untuk dikelola. “Tapi kita belum menerima datanya karena dari PD Pasar sendiri belum ada penyerahan,” imbuhnya.

Baca juga:Mencegah Bocornya Pendapatan PUD Pasar, Kejari Medan Dilibatkan

Adapun jumlah pedagang yang akan kembali berjualan ada sekitar 751 pedagang dan diutamakan para pedagang yang lama.
“Itu yang kita prioritaskan karena nanti akan kita undi untuk kios atau lokasi yang akan mereka tempati,” jelasnya.

Selain itu, Ia juga memberikan sistem zoning untuk pedagang seperti di lantai 1 dan 2 khusus pedagang pakaian. Lantai 3 (paling atas) khusus pedagang ikan dan sayuran. “Biasanya ikan dan sayuran di bawah. Namun kajian dari kontraktor di rombak. Biar pengunjung bisa keliling dan ini juga telah dilakukan pada Pasar Titi Kuning salah satu Pasar Tradisional Modern di Medan. Jadi akan seperti itu nanti,” terangnya.

Sementara itu, sejak 2 minggu lalu menjabat sebagai Dirut PUD Pasar Medan, Suwarno terus melakukan sidak ke sejumlah pasar-pasar yang ada di Kota Medan. Permasalah utama yang ditemui adalah masalah kedisiplinan pegawai yang menjadi catatan merah baginya.

Baca juga:Turun ke Pasar Petisah, Dirut PUD Ajak Pedagang Kerjasama Menjaga Kebersihan

“Sebab rata-rata pegawai tidak pernah tepat waktu  masuk kerja. Seharusnya masuk jam 8 pagi dan pulang jam 4 sore namun mereka masuk kerja jam 9-10 pagi. ini yang mau kita rubah. Alhamdulillah sudah mulai berubah dan pendapatan kita juga mulai naik,” pungkasnya.

Diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan rekonstruksi Pasar Aksara Kota Medan yang sempat terbakar pada tahun 2016 lalu. Pembangunan kembali pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang andal, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh). (anita/hm06)

 

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: