12.5 C
New York
Saturday, April 20, 2024

OJK Edukasi Masyarakat Mengenai Pengelolaan Keuangan

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka peningkatan literasi keuangan dan perlindungan konsumen di Sumatera Utara (Sumut) sebagaimana amanat Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia yang diluncurkan Presiden Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menggelar Webinar Series Edukasi Keuangan yang dilakukan secara virtual dan berkelanjutan membahas melek finansial pada masyarakat.

Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori mengatakan, dalam kegiatan virtual ini berharap peserta dan masyarakat akan dapat memahami hal-hal dasar terkait literasi keuangan.

“Seperti bagaimana mengelola pengeluaran dan pemasukan secara ideal, apa itu suku bunga efektif, berapa beban cicilan yang ideal agar tidak mengganggu keuangan, bagaimana menentukan asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan, hingga bagaimana cara yang ideal menempatkan investasi kita,” jelas Yusup, Sabtu (24/4/21).

Baca Juga:Pandemi, OJK Dorong UMKM Naik Kelas dengan Transaksi Non Tunai

Dikatakannya, OJK terus mengintensifkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai industri jasa keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sebagai salah satu bentuk peran OJK dalam perlindungan konsumen dan masyarakat, dengan harapan tingkat literasi keuangan masyarakat semakin meningkat dimana konsumen dapat memahami dengan baik fitur manfaat, risiko, hak dan kewajiban produk dan jasa keuangan.

“Sehingga bisa membentuk sikap dan perilaku keuangan konsumen yang bijak, serta mendukung peningkatan market confidence dan stabilitas sistem keuangan nasional,” sebutnya.

Baca Juga:Dorong Peran Aktif TPAKD, OJK dan Pemprovsu Lakukan Coaching Clinic 

Pada webinar seri perdana dengan tema Gajian Masih Besok, Belanja Sudah Mentok yang mengedukasi mengenai pengelolaan keuangan ini juga menghadirkan narasumber Regional Consumer Banking Head dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Medan (BRI) Oscar Hutagaol, dan Chief Executive Officer (CEO) ZAP Finance Prita Ghozie.

“Ada sekitar 928 orang peserta terdiri dari Mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), Wirausaha dan masyarakat di Sumatera Utara maupun luar Sumut yang mengikuti webinar ini. Semoga setelah ini masyarakat lebih paham dalam mengelola keuangan,” pungkasnya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles