30 C
Medan
Saturday, August 13, 2022
spot_img

Harga Cabai Rawit dan Bawang Merah Mulai Turun di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Menjelang akhir pekan ini secara poin to poin di data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga cabai rawit mengalami penurunan sekitar 30%. Jika dibandingkan dengan harga cabai rawit di akhir pekan lalu yakni pada 29 Juli lalu yang dijual di harga Rp57 ribuan per kg.

Namun, saat ini harga cabai rawit di Sumatera Utara (Sumut) dijual dengan rata-rata di kisaran harga Rp48 ribuan per kg.

Hal ini dikatakan Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin, Jumat (5/8/22). Menurutnya, meskipun pada dasarnya sejumlah harga cabai berbeda-beda, namun berdasarkan amatan mereka, di Kota Medan saat ini harga cabai mulai di kisaran Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kg.

Baca Juga:Harga Cabai Rawit Lebih Murah, Tekan Harga Cabai Merah

“Nah, yang paling mahal tercatat di Gunungsitoli Nias, yang mencapai Rp60 ribuan per kg,” sebutnya.

Sementara itu, sambung Dosen Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) tersebut, untuk harga bawang merah juga mengalami penurunan sekitar 18%. Rata-rata harga bawang merah di Sumut berkisar Rp48 ribuan per kg di akhir pekan lalu, dan di akhir pekan ini harganya berada di kisaran Rp40 ribuan per kg.

“Meskipun beberapa pedagang di sekitar Medan sudah ada yang menjual bawang merah di kisaran Rp26 ribu hingga Rp28 ribu per kg,” kata Gunawan.

Berbeda dengan dua komoditas di atas, harga cabai merah justru sedikit mengalami kenaikan rata-rata 8.3% dibandingkan akhir pekan lalu. Saat ini, amatan Gunawan, harga cabai merah di kisaran Rp90 ribuan per kg. Padahal akhir pekan lalu masih dijual di kisaran Rp83 ribuan per kg.

“Bahkan harga cabai merah sempat menyentuh Rp110 ribu per kg di awal pekan ini lantaran imbas libur akhir pekan sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga:KPPU: Harga Cabai Tetap Mahal Akibat Cuaca dan Naiknya Biaya Produksi

Disisi lain, harga minyak goreng curah juga demikian. Rata-rata mengalami penurunan secara poin to poin sebesar 1.4%. Harga minyak goreng curah termurah ada di Medan yang berkisar Rp11.500 hingga Rp12 ribu per kg.

Sementara yang paling mahal ada di Gunungsitoli yang masih berkisar Rp18 ribu per kg. Untuk harga minyak goreng kemasan di Sumut rata-rata juga mengalami penurunan sebesar 1%.

“Sementara harga daging ayam juga sama, mengalami penurunan sekitar 1.2% di Sumut. Dari harga rata-rata Rp31.650 menjadi Rp31.250 per kg. Kalau di Medan harga dagaing ayam ada di kisaran Rp28 ribuan per kg di akhir pekan ini. Sementara itu untuk terlur ayam, daging sapi, gula pasir harganya terpantau stabil dengan kecenderungan turun. Sementara harga beras terpantau stabil dengan kecenderungan naik,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: