14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Bumikan Pasar Modal Syariah, SIW 2020 Kembali Digelar

Medan, MISTAR.ID

Sebagai wujud untuk membumikan Pasar Modal Syariah di tengah masyarakat, Sharia Investment Week (SIW) 2020 kembali digelar. Kali ini SIW digelar secara online mulai 16 hingga 21 November 2020.

Adapun gelaran event Pasar Modal Syariah kali ini mempertemukan investor di Pasar Modal Syariah dengan stakeholder Pasar Modal Syariah, serta pakar di Bidang Pasar Modal Syariah secara online.

“SIW 2020 merupakan ajang yang tepat bagi para investor Syariah, baik pemula maupun yang sudah aktif untuk belajar berinvestasi. Peserta SIW 2020 yang membuka rekening investasi syariah, secara otomatis mendapatkan saldo investasi syariah sebesar Rp100 ribu yang dapat di-redeem secara langsung selama SIW 2020,” kata Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi dalam virtualnya, Senin (16/11/20).

Baca Juga:BEI Kini Bisa Menyelenggarakan Perdagangan di Luar Bursa

Dia mengatakan, SIW 2020 ini direalisasikan melalui kegiatan virtual seminar/talkshow dan virtual expo yang dimeriahkan dengan konser amal virtual, doorprize dan grandprize. Diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan literasi dan inklusi Pasar Modal Syariah di Indonesia, serta memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang konsisten memberikan dukungan pada Pasar Modal Syariah Indonesia,” sebutnya.

Ada enam tema besar yang diusung yakni Peranan Pasar Modal Syariah Terhadap Perekonomian, Tenang Sesuai Syariah, Memiliki Perusahaan, Uang Bekerja Untuk Kita, Mengikuti Jejak Rasul dan Kaya Harta Kaya Amal. “Dengan adanya SIW 2020 On Screen ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat tentang investasi di Pasar Modal Syariah serta mendorong pertumbuhan investor di Pasar Modal Syariah Indonesia yang kini tercatat lebih dari 78.000 investor saham syariah,” imbuhnya.

Baca Juga:Akibat PSBB, Perdagangan BEI Sementara Dibekukan

Tidak hanya itu, terdapat pula penyerahan hadiah bagi Anggota Bursa penyedia layanan Sharia Online Trading System (AB-SOTS) dan investor syariah pemenang IDX Islamic Challenge 2020 dengan total nilai hadiah sebesar Rp154 juta.

Adapun pemenang dimaksud adalah PT Phintraco Sekuritas (AB-SOTS dengan jumlah partisipasi peserta terbanyak, dan jumlah peserta aktif terbanyak), PT Mirae Asset Sekuritas (AB-SOTS dengan rata-rata volume transaksi terbanyak), PT FAC Sekuritas (AB-SOTS dengan rata-rata nilai transaksi terbesar, dan rata-rata frekuensi transaksi tertinggi), dan Muhammad Zulfikar Muslim yang merupakan investor syariah terbaik dari MNC Sekuritas pada IDX Islamic Challenge 2020.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK, Hoesen mengapresiasi semua pihak yang semangat terus mempromosikan pasar modal syariah kepada masyarakat.

Baca Juga:BEI Luncurkan Kode Saham Baru di New Normal

Dikatakan Hoesen, sebagaimana diketahui tahun 2020 tahun yang penuh tantangan bagi perekomonian global temasuk Indonesia, awal November ini Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan perekonomian Indonesia pada Triwulan III 2020 secara yoy mengalami kontraksi -3 poin 49%.

“Di sektor pasar modal di kuartal pertama tahun 2020 sempat mengalami penurunan tajam dimana pada Maret 2020 IHSG sempat mencapai titik terendahnya di level 3937 poin 63. Namun saat ini perkembangannya sudah kembali bergergerak positif. Per tanggal 6 November 2020 IHSG dicatat ditutup di level 5335 poin 5. Sementara nilai transaksi harian dan rata-rata volume juga bergerak cukup positif,” sebutnya.

“Selain itu jumlah investor pasar modal juga terus mengalami peningkatan per september 2020 jumlah investor pasar modal mencapai 3,13 juta SID atau tumbuh sebesar 26,27% year to date (y-t-d). diperkirakan hingga akhir 2020 ini jumlah penawaran umum dan investor tersebut masih akan terus meningkat,” jelasnya.

Sementara itu untuk pasar modal syariah berdasarkan pada tanggal 27 Oktober 2020 total nilai kapitalisasi saham syariah telah mencapai 3061,6 triliun atau 51,4 persen dari seluruh kapitalisasi pasar modal Indonesia yg berjumlah 5956,7 triliun. Jumlah oustanding efek syariah di pasar modal meliputi 467 saham syariah, 163 sukuk korporasi, 284 reksadana syariah serta 65 sukuk negara. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles