12.9 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

BEI Luncurkan Kode Saham Baru di New Normal

Medan, MISTAR.ID

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks saham baru yang dinamakan IDX Quality 30 dengan kode IDXQ30. Sosialisasi atas rencana peluncuran indeks ini sudah dilakukan sejak akhir Juni lalu, dan mulai dapat digunakan sebagai acuan pada Agustus 2020.

Sedangkan informasi mengenai indeks ini sudah diterbitkan pada 13 Juli 2020 dan dapat diakses di website BEI.

“Indeks ini akan berisi 30 anggota konstituen yang disaring dari Perusahaan Tercatat yang terdapat dalam daftar indeks IDX 80. IDX Quality 30 Indeks memiliki tingkat value investing yang bagus dilihat dari rasio-rasio kelayakan fundamental. Indeks baru ini diyakini dapat memiliki performa yang baik sehingga layak dijadikan sebagai indeks acuan,” kata Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Muhammad Pintor Nasution, Sabtu (25/7/20).

Baca Juga: OJK Kurangi Jam Perdagangan Bursa Efek Indonesia

Dari ke-80 perusahaan tercatat, dalam daftar IDX80 selanjutnya akan disaring lagi menjadi 30 perusahaan mengacu pada variabel-variabel kualitas fundamental yaitu komponen rasio return to equity (ROE ratio), sambung Pintor.

Lanjutnya, rasio debt to equity (DER ratio), dan earning variability. Indeks IDX Quality30 telah dihitung sejak hari dasarnya pada 4 Februari 2014 dengan nilai dasar 100.

“IDX Quality 30 akan dilakukan evaluasi mayor setahun dua kali pada bulan Januari dan Juli, serta evaluasi minor pada bulan April dan Oktober. Hasil evaluasi indeks akan berlaku efektif di bulan setelahnya pada hari bursa ketiga. Pada evaluasi mayor dilakukan pemilihan saham konstituen indeks untuk periode selanjutnya dan menyesuaikan bobot saham berdasarkan quality score,” sebutnya.

Baca Juga: Indocement Tutup 7 Pabrik dan Potong Gaji Direksi

Selanjutnya baik dievaluasi mayor maupun minor, dilakukan penyesuaian bobot akibat adanya perubahan jumlah saham tercatat, penyesuaian rasio free float, dan batasan (cap). Bobot satu saham dalam indeks dibatasi paling tinggi adalah 15% pada saat evaluasi indeks.

Saat ini ada beberapa indeks di BEI selain indeks komposit yang disebut IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) di antaranya indeks LQ45, IDX 30, SRI-KEHATI, Jakarta Islamic Index (JII), SMInfra18, PEFINDO i-Grade, Bisnis-27, IDX High Dividend 20, IDX Value30, MNC36.

Masing-masing indeks memiliki pendekatan yang berbeda dan jumlah konstituen yang berbeda-beda pula.

Baca Juga: New Normal, Pasar Modal Tumbuh 13 Persen

Penggolongan indeks-indeks saham BEI dibagi ke dalam empat kelompok yaitu headline index, sectoral index, thematic index dan factor index. IDX Quality 30 masuk ke dalam kelompok factor index. Tahun ini, BEI juga akan meluncurkan indeks saham tematik yaitu indeks berbasis ESG. Indeks ini berorientasi pada perusahaan yang ramah lingkungan atau memenuhi standar environment, social, and governance (ESG).

“Apa sih manfaat indeks saham? Secara sederhana, indeks saham berfungsi untuk mengukur kenaikan dan atau penurunan harga saham-saham yang konstituennya ada dalam indeks. Umumnya, indeks acuan ini digunakan manajer investasi untuk mengelola portofolio investasi sesuai dengan daftar saham-saham dalam konstituen indeks. Sehingga akan mudah mengukur pergerakannya karena akan sama dengan indeks acuannya,” jelasnya.

“Kenaikan indeks saham selama setahun misalnya 10%, jika seorang investor memiliki portofolio yang sama dengan isi indeks tersebut, maka diharapkan ia memiliki potensial return sebesar 10% juga. Atau bisa juga sebaliknya. Jika indeks turun 5% maka potensial loss investor juga sebesar itu jika saham-saham yang dimilikinya mengikuti indeks acuannya,” tambahnya.

Dengan adanya seleksi pemilihan saham yang ketat untuk menyusun sebuah indeks, maka.menjadi acuan pula bagi investor untuk memilih saham-saham dengan performa yang bagus. Investor bisa memilih membeli saham-saham yang menjadi konstituen salah satu indeks saham yang sesuai. (anita/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles