Pernah Dengar Tentang Minyak Telur? Ini Manfaat dan Cara Membuatnya di Rumah

Ilustrasi (ist/mistar)

MISTAR.ID

Minyak alami dikenal untuk mengatasi masalah kulit terutama rambut. Minyak alami seperti minyak kelapa, minyak almond dan minyak zaitun terbukti menjadi minyak alami terbaik untuk berbagai manfaat bagi rambut. Penambahan terbaru untuk minyak alami ini adalah minyak telur, yang dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang minyak baru ini.

Apa itu minyak telur? Juga dikenal sebagai minyak kuning telur, minyak ini diekstrak dari kuning telur yang kaya akan trigliserida dengan kolesterol dan fosfolipid kemudian penggunaannya dicampur dengan minyak kelapa, almond ataupun zaitun sesuai dengan kegunaannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol sangat penting untuk kulit dan rambut Anda. Zat ini menyerap dengan mudah ke dalam kulit kepala rambut Anda yang juga membantu menyembuhkan kulit kering dan rusak. Selain itu, minyak telur juga kaya akan asam lemak jenuh ganda esensial seperti Omega 3 dan Omega 6 yang membantu menjaga pertumbuhan sel normal.

Baca juga: Tampung Air Hujan untuk Tanaman Anda, Ini Manfaatnya

Manfaat minyak telur. Minyak ini bisa membantu mengurangi kerontokan rambut dini. Kaya akan sumber asam lemak Omega 3 dan 6, juga mengandung EFA yang merupakan bahan yang sangat penting untuk perawatan rambut. EFA mempengaruhi sirkulasi darah dan pertumbuhan sel, yang membantu meregenerasi folikel rambut. Sifat anti-inflamasi membantu mencegah kondisi kulit kepala yang buruk yang menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

Karena minyak telur mengandung kolesterol, ini membantu minyak menyerap ke dalam epidermis. Ia juga menstabilkan dan memelihara matriks antar sel yang kompleks, memungkinkan kulit mengalami perbaikan dan peremajaan alami. Kolesterol dalam telur adalah emolien aktif dan membantu melembabkan helai rambut kering. Ini membantu menyembuhkan dan memperkuat batang rambut dengan mengurangi kusut.

Baca juga: Proses Pembuatan Makanan Berserat Mempengaruhi Manfaatnya, Ini Penjelasannya

Antioksidan (Lutein dan Zeaxanthin) yang ada dalam minyak telur yang juga memberi warna kuning yang kaya pada kuning telur, membantu melawan reaksi berantai radikal bebas yang merusak kulit dan rambut Anda. Ini juga meningkatkan hidrasi di kulit kepala dan rambut Anda, sehingga mencegah penuaan pada rambut Anda. Mereka juga meningkatkan suplai oksigen di kulit kepala Anda dan membantu memperkuat akar rambut Anda, menghasilkan rambut yang lebih kuat dan hitam.

Anda bisa mencoba membuat minyak telur di rumah dengan cara mudah berikut:

Bahan-bahan:

3 biji telur, 2-3 cup (470mL-710mL) air dingin, 1 sendok teh (4.9 mL) minyak zaitun (minyak kelapa atau minyak almond)

Cara membuat :

Rebus telur dengan air dingin, rebus selama 11 menit sejak air mindidih, setelah 11 menit tersebut, angkat telur dan rendam ke dalam mangkuk yang berisi air es selama 1 menit, angkat dan kupas kulit telur. Gunakan sendok untuk mengeluarkan kuning telur. Masak kuning telur diatas wajan dengan api kecil – sedang sambil menghancurkannya dengan spatula, tambahkan minyak zaitun ke kuning telur, dan masak hingga kuning telur menyatu dengan minyak dan akhirnya larut menjadi minyak telur. Tetap gerakkan spatula Anda selama proses memasak untuk menghindari hangus. Masak hingga campuran berwarna coklat dan agak berbusa. Angkat dan saring minyak. Tunggu hingga dingin sebelum penggunaan.

Cara penggunaan minyak telur, dengan menggunakan jari Anda, ambil minyak dan oleskan ke kulit kepala kemudian ke sepanjang rambut dari pangkal hingga ujung rambut. Biarkan selama 3-12 jam sesuai kehendak Anda atau hingga Anda merasakan minyak sudah meresep sempurna. Cuci rambut dengan sampo sambil memijat kepala Anda selama proses pencucian.

Anda bisa mengoleskan minyak ini untuk mengurangi bintik hitam dan bekas luka di kulit. Lakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimum. (WikiHow/JA/hm06)