30.6 C
Medan
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Ini Cara Menjaga Konsistensi Olahraga di Rumah

Jakarta, MISTAR.ID

Bagi seseorang yang jarang berolahraga, mungkin cukup sulit untuk olahraga secara konsisten. Namun, demi alasan kesehatan, tidak ada salahnya berusaha untuk konsisten berolahraga. Apalagi untuk orang-orang yang telah mengidap penyakit tertentu. Olahraga tentu amat dibutuhkan untuk mengendalikan penyakit supaya tidak berkembang menjadi komplikasi.

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari rutin berolahraga. Aktivitas yang satu ini mampu mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, membantu menurunkan berat badan, bahkan meningkatkan kebiasaan tidur yang baik.

Di masa pandemi seperti ini, olahraga di rumah adalah pilihan terbaik guna mencegah penularan Covid-19. Sebenarnya, tak sulit untuk berolahraga secara konsisten di rumah. Malahan, dengan kamu berada di rumah saja, kamu tidak perlu repot pergi ke gym. Nah, berikut tips supaya bisa tetap konsisten olahraga di rumah saja.

Baca Juga:Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Bekerja

Mulai dari yang ringan

Ketika kamu baru memulai olahraga, sebaiknya mulailah dari yang mudah untuk bangun momentum. Target berolahraga selama 30 menit sehari, 5 kali seminggu mungkin terdengar bagus. Namun, semakin ambisius biasanya semakin besar pula kemungkinan gagal. Lebih baik memulai dengan latihan mudah yang kamu rasa dapat mudah dicapai. Setelah latihan sederhana ini telah menjadi kebiasaan, kamu dapat melanjutkan ke target yang lebih menantang.

Cari pemicu olahraga

Pemicu adalah salah satu rahasia sukses dalam hal membentuk kebiasaan seseorang. Beberapa hal yang bisa dijadikan pemicu contohnya waktu, benda, tempat, atau isyarat yang memicu reaksi otomatis. Jadi, cobalah cari pemicu yang bisa membuat kamu semangat berolahraga. Misalnya, kamu bisa memasang alarm di handphone atau menaruh sepatu olahraga di tempat yang sering terlihat.

Beri reward untuk diri sendiri

Orang yang berolahraga secara teratur cenderung melakukannya untuk mendapatkan manfaat di kehidupan mereka. Mulai dari ekstra energi, tidur lebih nyenyak, dan badan yang lebih bugar. Semua  hal tersebut adalah imbalan jangka panjang dari olahraga yang konsisten.

Baca Juga:Jangan Panik, Begini Olahraga dan Latihan Pernapasan Pasien Isoman Covid-19

Nah, bila kamu baru memulai kebiasaan olahraga, berikan reward ke diri sendiri secara langsung. Pilih sesuatu yang sangat kamu nantikan, tetapi jangan berikan sebelum olahraga selesai. Kamu bisa membuat secangkir kopi atau mandi air panas sebagai reward setelah lelah berolahraga.

Pilih latihan yang membuat kamu senang

Latihan yang tidak menyenangkan justru bisa membuat kamu cepat lelah dan malas berolahraga. Jangan memilih aktivitas seperti lari atau angkat beban di gym hanya karena menurut kamu olahraga itulah yang harus kamu lakukan. Sebaliknya, pilih aktivitas yang sesuai dengan gaya hidup, kemampuan, dan selera kamu. Apabila kamu suka menari, kamu bisa memilih aerobik supaya lebih semangat.

Siapkan peralatan olahraga

Walaupun hanya berolahraga di rumah saja, tidak ada salahnya kamu tetap membeli alat-alat olahraga untuk menunjang latihan. Kamu bisa membeli sepatu atletik atau pilih sepatu yang dirancang untuk olahraga yang kamu inginkan. Kalau kamu punya budget lebih dan berencana untuk berinvestasi dalam peralatan olahraga, pilihlah sesuatu yang praktis, menyenangkan, dan mudah digunakan. (hldc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: