31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Anda Seorang Pemboros, Begini Caranya untuk Lebih Bijak dan Bertanggungjawab

MISTAR.ID
Sebagian orang punya kebiasan boros yang sangat sulit untuk dirubah dan sepertinya sudah menjadi kebiasaan dengan bagaimana mereka menghabiskan uang tanpa berpikir panjang dda tidak bijak. Dengan beberapa perubahan kecil, munhgkin kebiasaan ini nbisa berkurang. Berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa menjadi pemboros yang lebih cerdas dan bertanggung jawab:

1. BUAT ANGGARAN.
Membuat anggaran adalah keuangan yang tak lekang oleh waktu. Apakah Anda lebih suka menggunakan metode jadul seperti menulis diatas kertas, atau aplikasi pengelolaan uang untuk mencatat dan melacak pengeluaran bulanan Anda. Apapun itu membuat anggaran sangat penting untuk hidup sesuai kemampuan Anda.

Membuat anggaran dan mematuhinya adalah dua hal yang berbeda, jadi berikan sedikit ruang untuk diri Anda sendiri untuk menyesuaikan rencana baru saat Anda mulai menggunakannya. Anggaran yang baik adalah hal-hal yang akan beradaptasi dengan situasi Anda. Periksa anggaran Anda sesering mungkin untuk melihat apakah itu berhasil untuk Anda. Anggaran yang baik selalu dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca Juga:Jangan Simpan Makanan ini di Lemari Es Anda

2. KOREKSI DIRI ANDA.
Setelah Anda menetapkan anggaran, perhatikan baik-baik di mana Anda menghabiskan setiap bulan. Memantau pengeluaran Anda akan membantu Anda melihat ke mana perginya uang Anda. Ini juga akan menunjukkan kepada Anda kapan dan di mana Anda cenderung menghabiskan terlalu banyak.

Gunakan aplikasi pengelolaan uang atau masuk ke akun Anda untuk melihat apa yang cenderung memicu pengeluaran berlebihan untuk Anda. Koreksi diri ini dapat menjelaskan di mana Anda bisa menghabiskan lebih sedikit. Selanjutnya, Anda dapat membuat modifikasi dan mengambil tindakan. Misalnya, jika makan di luar membuat dompet Anda terkuras, berkomitmenlah untuk mengemas makan siang Anda di rumah, atau rencanakan makan malam hanya seminggu sekali.

3. ATUR NOTIFIKASI.
Menyetel pemberitahuan akan mencegah Anda melebihi anggaran Anda. Anda dapat menyetel peringatan pada kartu kredit Anda jika Anda membelanjakan lebih dari jumlah tertentu, atau setiap kali Anda menggunakan kartu Anda. Ini sangat berguna jika Anda berbagi akun dengan pasangan dan telah setuju untuk menjalankan pembelian yang lebih tinggi dari batas tertentu satu sama lain. Saat Anda melakukannya, atur peringatan pembayaran untuk semua pengeluaran rutin utama Anda sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya keterlambatan dengan melupakan pembayaran.

Baca Juga:Dolar Terpuruk, Euro Melambung

6. BUAT DAFTAR TUNGGU 30 HARI.
Di zaman kenyamanan modern kita, sulit berhadapan di antara “keinginan” dengan “kebutuhan”. Untuk menghindari dorongan membeli barang yang tidak penting atau memanjakan diri, buat daftar barang yang ingin Anda beli. Kemudian tunggu 30 hari dan lihat apakah itu sesuatu yang masih Anda inginkan. Menunggu sebentar akan memberi Anda waktu untuk memutuskan apakah pembelian itu perlu atau sepadan.(mentalfloss/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: