31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

8 Kebiasaan Finansial Baik untuk Anda

MISTAR.ID
Melakukan kebiasaan-kebiasaaan kecil yang baik tetapi dilakukan setiap hari selalu bisa menghasilkan manfaat. Dengan mengambil langkah-langkah kecil yang menjadi kebiasaan dari waktu ke waktu, Anda diharapkan dapat memperbaiki situasi keuangan Anda. Berikut beberapa kebiasaan kecil yang dapat Anda kembangkan hari ini yang dapat membantu pertumbuhan finansial Anda.

1. TRANSFER OTOMATIS UANG KE TABUNGAN.
Menyiapkan transfer otomatis adalah salah satu cara termudah untuk berhemat. Untuk mencapai tujuan Anda, transfer otomatis sejumlah uang ke rekening tabungan Anda setiap minggu. Misalnya, jika Anda mencoba menabung 10 juta rupiah dalam enam bulan untuk komputer baru atau perjalanan, secara otomatis Anda harus mentransfer sekitar 400 ribu seminggu ke rekening tabungan Anda.

2. RENCANAKAN PEMBELIAN ANDA.
Alih-alih dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan sebuah toko, rencanakan perjalanan belanja Anda. Buat daftar persis apa yang ingin Anda beli, dan berapa banyak yang akan Anda belanjakan. Dengan memiliki daftar dan menaatinya, Anda akan lebih baik dalam menghindari pembelian impulsif atau mengambil barang yang tidak terlalu Anda butuhkan.
Hal yang sama berlaku untuk barang yang Anda beli secara online. Cari tahu apa yang benar-benar Anda butuhkan, berapa banyak yang mampu Anda belanjakan, dan tunggu setidaknya beberapa hari sebelum melakukan pembelian. Jika itu bukan barang penting, coba tunggu 30 hari sebelum menambahkannya ke keranjang Anda.

Baca Juga:THR Eselon II Hingga Presiden Dihapus, Negara Hemat Rp5,5 Triliun

3. HEMAT UANG DENGAN PENGGANTI.
Arahkan fokus pada apa yang paling penting bagi Anda dan habiskan paling banyak di area tersebut. Dalam kategori yang tidak begitu penting bagi Anda, pertimbangkan untuk menghemat atau mencari alternatif yang lebih murah. Ini tentang merek dan kualitas. Jika merek generik sudah bisa memberikan manfaat yang sama dengan merek premium, Anda bisa menghemat uang untuk mendapatkan batang dan manfaat yang tepat.

4. JANGAN MENABUNG DARI SISA UANG.
Jika Anda ingin memastikan Anda tidak mengeluarkan uang berlebihan, buat anggaran. Tetapi jika Anda ingin menumbuhkan tabungan Anda, tabunglah terlebih dahulu. Itu berarti menjadi hal pertama yang Anda lakukan ketika Anda mendapatkan gaji, kemudian hidup dari sisanya. Anda dapat melakukan ini dengan mentransfer secara otomatis ke rekening tabungan atau menyimpan persentase dari gaji yang dibawa pulang setiap bulan.

5. HEMAT UANG BONUS ANDA.
Jika Anda mendapat kenaikan gaji, atau bonus yang fantastis, mendapat uang sampingan, atau mendapatkan bonus pekerjaan, berkomitmenlah untuk menyisihkan sebagian. Meskipun Anda mungkin ingin menikmati sebagian dari uang ekstra, tapi tetap alokasikan persentase dari “uang bonus” ini untuk tujuan menabung Anda

6. SIMPAN UANG KEMBALIAN.
Selalu punya uang kembaliuan sehabis berbelanja? Simpan itu ke dalam stoples atau wadah. Ketika Anda tiba waktunya untuk mengksongkan wadah tersebut, Anda akan terkejut dengan jumlah uang kecil yang bisa menjadi menjadi sejumlah besar uang.

Baca Juga:6 Kebiasaan Finansial Buruk yang Harus Anda Hentikan

7. BERPRINSIP PADA SATU KATEGORI PENGELUARAN.
Berkomitmenlah untuk mengurangi pengeluaran di bidang tertentu. Misalnya, kurangi di area di mana Anda selalu melakukan pengeluaran yang berlebihan. Jika Anda baru saja bergabung dengan klub olahraga, daftarkan keanggotaan Anda di satu klub itu saja, dan tutup keanggotaan tempat gym lainnya jika masih aktif. Atau jika Anda pergi ke gym hanya untuk menggunakan kolam renang, pertimbangkan untuk membeli tiket masuk ke kolam renang umum terdekat untuk menghemat uang.

8. LACAK KEMAJUAN KEUANGAN ANDA.
Luangkan waktu setiap bulan untuk melihat seberapa banyak kemajuan yang Anda buat pada tujuan keuangan Anda. Berapa banyak hutang yang telah Anda lunasi, dan berapa banyak kemajuan yang Anda hasilkan dari menabung. Melihat hasil akan membantu Anda tetap di jalur. Plus, ini akan memberi Anda dorongan motivasi, dan bisa membantu Anda meningkatkan tabungan.(mentalfloss/ja/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: