24 C
Medan
Sunday, June 26, 2022
spot_img

Selamatkan Sektor Wisata, Kemenparekraf Gelar Simulasi MICE di 9 Kota

Jakarta, MISTAR.ID

Di tengah pandemi Covid-19 ini, pertumbuhan sektor pariwisata terus didorong melalui berbagai kebijakan yang disesuaikan dengan kondisi mewabahnya virus corona.

Salah satu yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf), adalah menggelar sosialisasi dan simulasi panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan atau Cleanliness, Health, Safety, Environmental sustainability atau CHSE pada penyelenggaraan kegiatan meeting, incentive, convention, and exhebition atau MICE.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani berharap para pemangku kepentingan MICE memiliki pemahaman sama yang terhadap pentingnya menjalankan protokol yang telah disusun dalam panduan dalam adaptasi kebiasaan baru.

Baca Juga: Menteri Pariwisata Yakin Sektor Pariwisata di Sumut Bangkit

“Dengan diterapkannya panduan ini, maka wisatawan yang akan melaksanakan kegiatan di Indonesia dapat merasa aman, nyaman dan sektor MICE kembali bangkit,” kata Rizki di Surabaya, Jumat 2 Oktober 2020.

Panduan ini menekankan pada penerapan prosedur standar pelaksanaan kegiatan yang aturan teknisnya akan disesuaikan dengan panduan buatan asosiasi dan industri MICE sesuai kebutuhan di lapangan.

Panduan tersebut, menurut Rizki, juga mengacu pada protokol yang telah ditetapkan pemerintah, World Health Organization (WHO), Travel and Tourism Council (WTTC), Asosiasi MICE Nasional dan internasional, seperti International Congress and Convention Association (ICCA), The Global Association of the Exhibition Industry (UFI), International Association of Convention Centres (AIPC), serta Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).

Baca Juga: BPODT dan Gerakan Toba Bersih Kampanyekan AKB di Kawasan Wisata

Sementara sosialisasi bertujuan menyamakan pemahaman mengenai isi panduan CHSE kepada pemangku kepentingan MICE, sehingga dapat dijalankan pada saat pelaksanaan kegiatan. Sosialisasi akan dilaksanakan di sembilan tujuan wisata MICE, yakni Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten (mewakili Jakarta), Semarang, dan Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto berharap sosialiasi panduan CHSE untuk kegiatan MICE ini mampu memulihkan kondisi perekonomian.(antara/tempo/hm02)

 

 

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: