22.5 C
Medan
Monday, December 6, 2021
spot_img

5 Tips Agar Minyak Tak Meletup Saat Menggoreng

Jakarta, MISTAR.ID

Minyak panas yang meletup dapat melukai kulit bila kita tidak pandai dalam hal menggoreng. Bahkan bisa berdampak buruk bagi kulit. Minyak panas yang menciprat ke berbagai penjuru dapur adalah mimpi buruk yang kerap terjadi saat memasak.

Tidak jarang letupan minyak panas bahkan bisa mengenai dan melukai kulit. Adaah cara agar minyak tak meletup saat menggoreng makanan? Salah satu caranya adalah dengan mengeringkan wajan.

Terdapat sejumlah cara agar minyak tak meletup saat menggoreng yang dapat Anda coba ketika memasak. Menggoreng ikan, ayam, dan aneka lauk lainnya tak lagi menakutkan.

Baca Juga:Ayam Kriuk Renyah

Berikut cara agar minyak tak meletup saat menggoreng:

1. Keringkan wajan

Minyak yang meletup saat digoreng dapat terjadi karena terdapat air di permukaan wajan. Air akan menyebabkan minyak menciprat ke mana-mana saat digoreng. Hal ini terjadi karena perbedaan massa minyak dan air. Oleh karena itu, pastikan wajan benar-benar kering sebelum digunakan untuk menggoreng. Lap wajan dengan tisu atau kain sebelum digunakan.

2. Menaburkan tepung

Cara mudah agar minyak tak meletup lainnya adalah dengan menaburkan tepung. Taburan tepung dapat mengurangi letupan minyak panas. Saat minyak dipanaskan, taburkan tepung lalu diamkan selama satu hingga dua menit. Setelah itu, masukkan lauk yang akan digoreng.

3. Sesuaikan suhu kompor

Pengaturan suhu menjadi kunci agar minyak tak meletup saat menggoreng ikan atau daging. Anda bisa mengaturnya perlahan agar minyak tak terlalu panas saat proses penggorengan dilakukan. Pertama-tama panaskan minyak hingga suhu maksimum lalu atur suhu secara perlahan dengan cara mengecilkan api kompor. Baru masukan bahan-bahan yang akan digoreng secara perlahan.

Baca Juga:Redakan Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan dengan Jus Buah Sayur

4. Sesuaikan ukuran wajan

Gunakan wajan sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggoreng menggunakan wajan kecil jika bahan makanan tergolong banyak atau berukuran besar. Wajan kecil berpotensi menyebabkan tumpahan minyak.

5. Pakai tutup wajan

Cara lain agar aman dari letupan minyak panas adalah dengan menutup wajan saat makanan telah dimasukkan ke dalam minyak. Cara ini adalah cara terbaik agar tak muncul letupan saat proses menggoreng berlangsung. (cnn/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: