Wujudkan ‘Mens Sana in Corpore Sano’, Warga Desa Rianiate Samosir Jumat Bersih

Warga Dusun II Rianiate bersama Perangkat Desa dan BPD melakukan kebersihan lingkungan. (f:Sawangin Sinurat/mistar ).

Samosir, MISTAR.ID

Kepala Desa Rianiate melalui perangkat Desanya, BPD dan warga Masyarakat Dusun II , melakukan kegiatan Jumat bersih yang rutin setiap minggunya. Jumat bersih dilakukan di areal pemukiman warga, serta badan jalan yang menghubungkan beberapa Huta di Desa Rianiate, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat (11/6/21).

Dalam kesempatan tersebut pemerintah desa Rianiate yang diwakil Sekretaris Desa Simson Malau mengatakan, bahwa kegiatan Jumat bersih ini merupakan kegiatan rutin setiap minggunya di Desanya.

Simson menerangkan, bahwa Camat Pangururan  melalui pesan WhatsApp, selalu menghimbau Perangkat Desa se -Kecamatan Pangururan, agar melakukan kegiatan Jumat bersih didesa masing-masing.

Baca Juga: Bupati Samosir Sidak Ke RSUD Dr. Hadrianus Sinaga

Pantauan dilapangan, para perangkat desa, BPD dan warga masyarakat Dusun II Rianiate, nampak antusias melakukan kegiatan pembersihan lingkungan tersebut. Ada yang sibuk memotong bambu serta rumput yang menjorok ke jalanan, ada yang menyapu dan adapula yang mengumpulkan rumput dan membakarnya.

Mewakili BPD Dusun II Rianiate Luhut Simbolon mengatakan, budaya bersih memang sebaiknya harus ditanamkan dalam pribadi masyarakat, agar masyarakat sadar dan mengerti bahwa sebenarnya kebersihan itu sangat penting dalam menunjang kesehatan masyarakat.

“Seperti kata orang bijak, ” Mens sana in corpore sano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ketika kita sehat, kita bebas melakukan aktifitas, dan wargapun sejahtera,” ujarnya.

Baca Juga: Dinas Perhubungan dan Satlantas Monitoring Jalan Ring Road Samosir

Dia juga berharap agar  BPD  Desa Rianiate lainnya,  bisa mengarahkan warga dilingkungan masing-masing, bisa melakukan rutinitas kebersihan, bukan hanya di hari Jumat saja.

Sementara itu, Kepala Dusun Lingkungan II Rolando Malau, mengucapkan trimakasih kepada warganya, yang telah memberikan waktu luangnya untuk ikut dalam kebersihan lingkungan itu.

Dia juga menghimbau agar warganya binaannya, sadar akan budaya bersih. Dengan selalu rutin membersihkan pekarangan masing-masing dan membuang sampah pada tempatnya. (Sawangin/hm13).