22.9 C
Medan
Saturday, January 22, 2022
spot_img

Wisata Desa Tenun Batu Bara Jadi Desa Percontohan Di Sumut

Batu Bara, MISTAR.ID

Wisata Desa Tenun akan dibangun di Desa Padang Genting Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Desa Tenun yang akan menjadi percontohan pedesaan wisata tenun di Sumatera Utara bakal berdampak sangat positif bagi masyarakat Batu Bara khususnya di desa Padang Genting Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara.

Rencana pembangunan destinasi Wisata Desa Tenun atau Batik diungkapkan Bupati Batu Bara Zahir saat menyambut tim dari Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dipimpin dr Ria Nofida Telaumbanua di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka, Rabu (5/8/20) malam.

Kepada tim dari Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Bupati Batu Bara H Zahir menjelaskan Desa Tenun yang berada di Desa Padang Genting akan menjadi sebuah contoh pedesaan wisata Tenun di Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Waw! Kejutan Pertanian Padi dari Batu Bara, Pupuk Organik Hasilkan 8,5 Ton/Hektar

Penetapan Desa Tenun yang akan rampung tahun depan menurut bupati terkait keinginan Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Utara yang menyukai kain tenun dari Kabupaten Batu Bara.

Dengan lahirnya Desa Tenun, Bupati Zahir mengharapkan akan muncul pengrajin baru. Mereka nantinya akan diberikan bantuan berupa pelatihan dan pengadaan alat Tenun. Khusus kepada seluruh pengrajin Kain Tenun Bupati minta untuk terus kreatif, inovatif dan produktif dengan mengikuti perkembangan zaman.

Pada kesempatan tersebut Bupati Batu Bara H Zahir didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Batu Bara Achmadan Choir, Kadis Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Safri Musa.

Juga turut hadir Kepala Dinas Perkim Norma Siregar, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Batu Bara Khairul Anwar, Kepala Desa Padang Genting Suhaimi dan para pelaku atau pengrajin Tenun Desa Padang Genting.(ebson/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: