30.6 C
Medan
Friday, August 19, 2022
spot_img

Ternak Hewan Masuk ke Padangsidimpuan akan Dirazia

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota Padangsidimpuan bersama Polres Padangsidimpuan, Kodim 0212/Ts dan stakeholder, akan melakukan razia setiap hewan ternak yang masuk. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Kota Padangsidimpuan, Senin (4/7/22), di Aula Kantor Wali Kota Padangsidimpuan.

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dwi Prasetyo Wibowo menyatakan, rapat koordinasi penanganan wabah PMK, perlu diketahui bersama untuk persiapan yang harus dilakukan.

Seperti, menyediakan tempat isolasi untuk ternak yang terjangkit PMK, melakukan penyomprotan disinfektan lokasi kandang ternak hewan yang terjangkit PMK, ternak hewan yang masuk ke Kota Padangsidimpuan agar dilakukan razia untuk dilakukan pengecekan ternak apakah terjangkit PMK.

Lanjutnya, ternak hewan agar dilakukan vaksin, agar pihak dinas pertanian dapat berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas dalam hal pelaporan PMK.

Baca juga:456 Hewan Ternak di Asahan Terinfeksi PMK

“Menghimbau pemilik ternak hewan agar dapat memberikan informasi apabila masuknya ternak hewan kepada masing-masing pemilik ternak untuk dilakukan pengecekan kesehatan ternak hewan,” papar AKBP Dwi Prasetyo Wibowo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan, Edi Darwan Harahap, mengutarakan, dalam menghadapi penyebaran wabah PMK, pihaknya sudah memiliki dokter hewan yang ada di Dinas Pertanian Padangsidimpuan sebanyak 2 orang.

Baca juga:Duh! Provinsi Terjangkit PMK Ternak Bertambah

“Ternak hewan dalam rangka memperingati hari Idul Adha, bahwa ternak hewan yang akan di qurbankan sebanyak 1.500 Ekor, kami dari Dinas Pertanian Padangsidimpuan akan berkoordinasi dengan pihak Polres Padangsidimpuan dalam penyuluhan, pendataan dan pelaporan,” ujar Edi Darwan Harahap.(asrul/hm06).

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: