Terkait Ikan di Danau Toba, Kepala DPP Toba: Imbau Penabur Bibit Harus Koordinasi

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Toba, Jerri Silaen.(f: james/mistar)

Toba, MISTAR.ID

Keberadaan ikan Tayu- tayu yang merupakan jenis ikan predator yang memangsa ikan lainnya diperairan Danau Toba, kini membuat resah nelayan di Kabupaten Toba.

Terkait keresahan nelayan Danau Toba,  Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kabupaten Toba Jerri Silaen mengimbau kepada pihak yang berniat menabur jenis bibit ikan di Danau Toba kedepannya agar kiranya terlebih dahulu berkoordinasi dengan instansi yang dipimpinnya, hal ini untuk mengantisipasi timbulnya potensi polemik seperti sekarang ini, sebut Jerri Silaen kepada Harian Mistar, Jumat (11/6/21).

Jerri mengakui, bahwa penaburan bibit ikan di Danau Toba selama ini yang dilakukan baik perorangan, komunitas, bahkan oleh kelembagaan swasta lainnya sangat minim kordinasi kepada kami, sehingga kami tidak dapat melakukan inventarisasi dan pengawasan jenis ikan yang akan ditabur.

Baca Juga: Ikan Tayu-tayu Resahkan Nelayan Danau Toba

“Kami menghargai dan mengapresiasi sumbangsih atas niat tulus para penabur, namun kami berharap dapat bersama-sama untuk mengantisipasi dampak yang timbul  bagi populasi jenis ikan lainnya yang ada di Danau Toba. Hal ini sangat perlu kita lakukan secara bersama dan kita harus memulainya,” kata Jerri.

Kita berharap melalui kordinasi dan komunikasi yang persuasif, akan melahirkan kenyamanan bagi masyarakat nelayan disaat pihak yang akan memberikan perhatian dalam membantu menyuplai penaburan bibit ikan, ujar Jerri.

Kata Jerri, untuk tujuan dan mendukung keberlangsungan sumber mata pencaharian nelayan di Danau Toba, dan juga upaya melestarikan populasi ikan khas yang menjadi ikonnya Danau Toba yakni ikan mujahir, ikan mas, gabus, lele, pora pora, udang dan jenis ikan lainnya yang sejak dari dahulu rantai simbiosisnya dapat berkesinambungan berlangsung baik, tandas Jerri.(James/hm13)